Blog

Sudahkah Anda Mengenal foremilk & hindmilk?

Sudahkah Anda Mengenal foremilk & hindmilk?

Sebagai seorang ibu, tubuh Anda tentu menghasilkan susu yang secara khusus diperuntukkan dan disesuaikan untuk si buah hati. Kandungan gizi dan nutrisi dengan takaran yang tepat telah diproduksi oleh tubuh sang ibu.  Faktanya, struktur ASI ternyata tidak sesederhana yang kita kira. ASI itu sendiri terbentuk dari dua jenis air susu, yaitu foremilk (air susu depan) dan hindmilk (air susu belakang), di mana keduanya sama-sama memiliki manfaat penting untuk buah hati kita. Yuk moms simak perbedaannya :


Foremilk

Foremilk atau susu depan adalah ASI yang dihasilkan ketika sesi menyusui dimulai. Foremilk lebih bersifat encer, kaya akan laktosa dan protein yang penting untuk pertumbuhan otak. Karena sifatnya yang encer, Foremilk berguna untuk menghilangkan rasa haus pada bayi. Jika diperhatikan warna ASInya, foremilk cenderung memiliki tekstur air susu tanpa bewarna dan terkadang memiliki warna agak kebiruan.


Foremilk sendiri mengandung laktosa yang penting bagi pembentukan otak bayi, pertumbuhan fisik dan memenuhi kebutuhan bayi terhadap air minum. Selain itu, foremilk juga kaya akan protein yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mempercepat pembentukan saraf dan jaringan tubuh dan memperkuat daya tahan tulang serta kulit.


Hindmilk                                                          

Hindmilk atau susu belakang biasanya mulai terbentuk ketika kadar air susu dalam payudara berkurang. Semakin sedikit jumlah air susu yang diproduksi, maka semakin tinggi kandungan lemak yang dihasilkan oleh asi. Setelah beberapa saat Anda selesai menyusui, maka ASI berubah warna menjadi lebih putih bersih seperti susu sapi. Air susu inilah yang sering disebut dengan nama hindmilk atau susu belakang karena muncul ketika proses menyusui selesai. Hindmilk biasanya memiliki kandungan lemak lebih banyak sehingga lebih memberikan efek kenyang pada bayi


Lemak yang dihasilkan tersebut nyatanya berperan penting dalam melindungi organ-organ vital dalam tubuh bayi yang belum sempurna. Selain itu, lemak ini juga berperan sebagai sumber energi yang melindungi tubuh bayi dari suhu panas ataupun dingin.

Sedikit tips untuk para moms, ada baiknya jika para ibu menyusui anaknya pada satu payudara hingga kosong baru kemudian dipindahkan ke payudara lainnya. Dengan melakukan tips sederhana tersebut maka gizi dan nutrisi dari asi dapat terserap sepenuhnya hingga tahap hindmilk.

Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID