TERMS & CONDITIONS

Terms & Conditions

DEFINISI
  1. PT Daninda Sukses Makmur adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha penyedia web portal dengan merek Gigel.id dimana Pengguna dapat menjadi merchant dengan cara membuka toko sewa online dan Pengguna yang sebagai Penyewa dapat melakukan sewa barang di merchant yang terdaftar di website Gigel.id.
  2. Situs Gigel.id adalah www.gigel.id
  3. Syarat & Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Gigel.id yang berisikan peraturan yang mengatur hak, kewajiban dan tanggung jawab Pengguna dan Gigel.id, serta tata cara Penggunaan sistem layanan Gigel.id
  4. Pengguna adalah para pihak yang menggunakan jasa Gigel.id baik terdaftar ataupun tidak terdaftar tidak terbatas pada Penyewa dan Merchant namun juga pihak yang berkunjung ke situs Gigel.id
  5. Penyewa adalah Pengguna terdaftar, yang melakukan tindakan penyewaan terhadap barang yang terdaftar di Situs Gigel.id
  6. Merchant adalah Pengguna terdaftar, yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang untuk disewa kepada Pengguna situs Gigel.id
  7. Barang atau produk adalah benda yang berwujud dan/atau memiliki fisik yang dapat diantar dan/atau memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang.
  8. Hukum adalah hukum yang berlaku dalam wilayah negara Republik Indonesia sesuai dengan hierarki peraturan perundang-undangan Republik Indonesia menurut Undang Undang Nomor 12 Tahun 2011.

Syarat & Ketentuan yang ditetapkan dibawah ini mengatur dan mengikat pihak Pengguna situs Gigel.id untuk patuh terhadap hal-hal yang telah ditetapkan oleh pihak Gigel.id. Untuk itu, Pengguna disarankan untuk membaca dengan seksama, karena berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna berdasarkan hukum yang berlaku. Dengan melakukan transaksi di Gigel.id, maka anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui untuk mematuhi semua isi dalam Syarat & ketentuan ini. Syarat & Ketentuan Layanan dapat diubah dan/atau diperbaharui sewaktu-waktu oleh Gigel.id tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

AKUN, PASSWORD DAN KEAMANAN
  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Gigel.id tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna yang ingin mendaftarkan diri.
  3. Pengguna yang ingin mendaftarkan diri wajib mengisi form pendaftaran dengan data diri yang benar dan lengkap sesuai dengan kartu identitas yang valid. Data diri Pengguna merupakan tanggung jawab Pengguna.
  4. Pengguna yang telah terdaftar berhak bertindak sebagai:
    • Penyewa, dapat membuat pesanan sewa
    • Merchant, dengan memanfaatkan layanan buka toko
  5. Pengguna yang bertindak sebagai Merchant diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan buka toko. Setelah menggunakan layanan buka toko, Merchant berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan disewakan di etalase Merchant.
  6. Gigel.id tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu atas setiap dugaan pelanggaran dan/atau pelanggaran Syarat & Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yaitu tindakan berupa penghapusan barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, melakukan suspensi terhadap akun Pengguna, maupun menghapus akun Pengguna.
  7. Gigel.id memiliki kewenangan atas akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila ditemukan adanya indikasi tindakan kecurangan dalam bertransaksi untuk kepentingan pribadi Pengguna maupun tidak bertanggung jawab atas kerusakan barang yang disewa kepada Merchant.
  8. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan alat dan fitur otomatis yang bertujuan untuk memanipulasi data pada sistem situs Gigel.id, termasuk namun tidak terbatas pada manipulasi data situs, perambahan (crawling), maupun peretasan (hacking).
  9. Gigel.id memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi toko, reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna, yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi toko (review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
  10. Gigel.id memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan saldo Gigel.id Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Gigel.id.
  11. Gigel.id memiliki kewenangan untuk memblokir akun Penyewa beserta dengan saldo Gigel.id apabila terbukti melakukan tindakan yang merugikan Merchant dan tidak ada niat baik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan Merchant.
  12. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  13. Gigel.id tidak akan meminta username, password atau kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Gigel.id menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Gigel.id atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  14. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Gigel.id tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna.
  15. Merchant dengan ini menyatakan bahwa Gigel.id tidak bertangung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang timbul selama disewa oleh Penyewa.
TRANSAKSI SEWA BARANG KEPADA MERCHANT
  1. Penyewa wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Gigel.id. Penyewa melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Penyewa, dan kemudian Gigel.id akan meneruskan dana ke pihak Merchant apabila masa sewa pada sistem Gigel.id telah selesai.
  2. Saat melakukan Penyewaan Barang, Penyewa menyetujui bahwa:
    • Penyewa bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat order untuk menyewa.
    • Penyewa memahami bahwa kualitas Barang yang akan disewa akan berbeda dari setiap Merchant. Kualitas barang yang dimaksud adalah kebersihan, kelayakan, dan kerusakan Barang.
    • Penyewa memahami bahwa rating yang dimiliki oleh Merchant tidak menjadi jaminan bahwa Barang yang untuk disewa memiliki kualitas selalu sempurna.
    • Penyewa mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs Gigel.id tergantung pada monitor komputer Penyewa. Gigel.id telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Gigel.id muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs Gigel.id akan akurat.
    • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk menyewa Barang ketika Pengguna menyewa suatu barang.
    • Gigel.id tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Merchant kepada Penyewa.
  3. Penyewa memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Merchant yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka Merchant akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Penyewa melalui saldo Penyewa di Gigel.id. Penyewa dapat melakukan pencairan saldo di Gigel.id dan ditransfer ke rekening bank milik Penyewa.
  4. Khusus untuk Barang yang memerlukan baterai, Penyewa memahami bahwa Merchant tidak berkewajiban memberikan baterai baru atau memastikan baterai akan selalu dapat digunakan selama masa sewa.
  5. Penyewa hanya diperbolehkan untuk menggunakan barang yang disewa untuk penggunaan pribadi. Dilarang digunakan untuk penggunaan umum orang lain selain penyewa, penggunaan untuk acara/pesta, dan dilarang disewakan kembali ke orang lain. Kecuali telah mendapatkan izin sebelumnya oleh Merchant pemilik barang tersebut. Apabila melanggar ketentuan ini, maka Gigel.id berhak mengambil kembali barang yang disewa. Dana yang telah dibayar akan dikembalikan setelah dikurangi biaya kirim, biaya jemput, biaya denda minimum Rp50.000 atau sebesar 20% dari biaya sewa.
  6. Penyewa memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Penyewa dan Merchant selain melalui Rekening Resmi Gigel.id dan/atau tanpa sepengetahuan Gigel.id (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Gigel.id atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Penyewa.
  7. Gigel.id memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  8. Pembayaran oleh Penyewa wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1x24 jam) setelah Penyewa melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Penyewa, Gigel.id memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  9. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh Gigel.id. Gigel.id memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  10. Penyewa menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Gigel.id. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Penyewa kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Penyewa.
  11. Penyewa wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang disewa. Gigel.id memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem Gigel.id, untuk Penyewa melakukan konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Penyewa, maka dengan demikian Penyewa menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem Gigel.id dan Penyewa menyetujui bahwa barang yang diterima dalam keadaan baik tanpa ada rusak maupun cacat.
  12. Penyewa memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Penyewa.
  13. Penyewa memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Penyewa pergunakan dengan bank Rekening resmi Gigel.id adalah tanggung jawab Penyewa secara pribadi.
  14. Pengembalian dana dari Gigel.id kepada Penyewa hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    • Kelebihan pembayaran dari Penyewa atas harga Barang
    • Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Merchant yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai
    • Merchant tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya
    • Merchant sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Merchant tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.
    • Penyewa menerima Barang kiriman dari Merchant dengan kondisi tidak layak pakai.
  15. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Gigel.id milik Penyewa yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
  16. Gigel.id berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Merchant dan Penyewa, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Gigel.id adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Merchant dan Penyewa untuk mematuhinya.
  17. Apabila Penyewa memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi.
  18. Penyewa wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Gigel.id tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Penyewa apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  19. Penyewa memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Merchant.
TRANSAKSI MENYEWAKAN BARANG KEPADA PENYEWA
  1. Merchant wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Merchant dengan produk yang diterima oleh Penyewa, maka Gigel.id berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
  2. Merchant wajib memastikan Barang yang akan dikirim ke Penyewa telah bersih dan tidak ada kerusakan. Apabila Penyewa tidak puas dengan Barang yang telah diterima, Penyewa dapat meminta refund di website Gigel.id.
  3. Merchant wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang pihak Penyewa dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Gigel.id. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Merchant maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan.
  4. Merchant memahami dan menyetujui bahwa pembayaran atas harga Barang dan ongkos kirim (diluar biaya transfer / administrasi) akan dikembalikan sepenuhnya ke Penyewa apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil
  5. Gigel.id memiliki kewenangan untuk menahan pembayaran dana di Rekening Resmi Gigel.id sampai waktu yang tidak ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak Penyewa terkait proses pengiriman dan kualitas Barang. Pembayaran baru akan dilanjut kirimkan kepada Merchant apabila permasalahan tersebut telah selesai dan/atau Barang telah diterima oleh Penyewa.
  6. Gigel.id berwenang untuk membatalkan dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) Merchant mengirimkan barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs Gigel.id; (ii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iii) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi.
  7. Merchant memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Merchant akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Merchant sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  8. Gigel.id berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Merchant dan Penyewa, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Gigel.id adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Merchant dan Penyewa untuk mematuhinya.
  9. Merchant memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Merchant.
  10. Merchant dilarang melakukan tindakan yang mengarahkan calon penyewa untuk melakukan transaksi diluar website Gigel.id. Apabila terbukti, maka Gigel.id akan memberikan sanksi dengan sanksi terberat adalah melakukan pemblokiran akun merchant permanen.
DEPOSIT
  1. Gigel.id menyediakan fitur deposit yang dapat digunakan oleh Merchant apabila diperlukan oleh Merchant.
  2. Fitur deposit dapat dicairkan untuk merchant, apabila ada bukti yang dapat diberikan ke Gigel.id terkait terjadinya kerusakan ataupun kehilangan bagian/seluruh dari bagian Barang yang disewakan kepada Penyewa.
  3. Gigel.id berhak menentukan besarnya nilai deposit yang dapat dicairkan dapakah bisa dicairkan atau tidak terkait kerusakan yang ada pada poin diatas.
  4. Merchant wajib klik tombol komplain maksimal H+5 setelah order selesai jika ingin mencairkan dana deposit.
PERPANJANGAN MASA SEWA
  1. Penyewa dapat memperpanjang masa sewa Barang yang sedang disewa dengan menggunakan fitur yang tersedia di website Gigel.id
  2. Fitur di website Gigel.id akan memberitahukan apakah Barang yang sedang disewa masih tersedia untuk diperanjang atau tidak.
  3. Penyewa wajib membayar biaya perpanjang masa sewa sebelum jatuh tempo selesai masa sewa.
  4. Apabila Penyewa telat membayar biaya perpanjang masa sewa, maka pesanan perpanjangan masa sewa akan hangus.
BARANG KONDISI TIDAK LAYAK/KOTOR/RUSAK/PART TIDAK LENGKAP SAAT DITERIMA PENYEWA
  1. Penyewa dapat melakukan komplain dengan menggunakan fitur yang tersedia situs Gigel.id dengan memberikan bukti foto Barang yang dimaksud ke situs Gigel.id.
  2. Penyewa dapat meminta refund dengan nilai besaran maksimal sebesar nilai transaksi sewa Barang tersebut.
  3. Apabila pada poin.2 diatas, Penyewa meminta refund sebesar seluruh nilai transaksi, maka biaya pengiriman dan penjemputan dibebankan ke Merchant dengan cara pembayaran melalui rekening penampungan Gigel.id.
  4. Apabila pada poin.2 diatas, Penyewa meminta tukar barang dan Merchant menyanggupi, maka Merchant wajib membayar tambahan biaya pengiriman melalui rekening penampungan Gigel.id.
  5. Apabila komplain dari Penyewa diterima oleh Gigel.id, maka dana pengembalian akan dikirim ke saldo Gigel.id dan Penyewa dapat mencairkannya ke rekening milik Penyewa yang terdaftar di situs Gigel.id
PEMBATALAN PESANAN SEBELUM MASA SEWA DIMULAI
  1. Apabila Penyewa telah membayar pesanan yang telah dibuat di website Gigel.id dan ingin membatalkan pesanan:
    1. Sebelum masa sewa dimulai, maka Penyewa akan dikenai biaya administrasi yang dibagikan menjadi 3 kelompok dengan detail sebagai berikut:

      Untuk Untuk nilai sewa < Rp.300.000 :
      • > 30 hari dari tanggal mulai sewa, biaya administrasi Rp.20.000
      • 30-10 hari dari tanggal mulai sewa, biaya administrasi Rp.40.000
      • < 10 hari dari tanggal mulai sewa, biaya administrasi Rp.60.000
      Untuk nilai sewa Rp.300.000-Rp.600.000 :
      • > 30 hari dari tanggal mulai sewa, biaya administrasi Rp.40.000
      • 30-10 hari dari tanggal mulai sewa, biaya administrasi Rp.60.000
      • < 10 hari dari tanggal mulai sewa, biaya administrasi Rp.80.000
      Untuk nilai sewa > 600.000 :
      • > 30 hari dari tanggal mulai sewa, biaya administrasi Rp.60.000
      • 30-10 hari dari tanggal mulai sewa, biaya administrasi Rp.90.000
      • < 10 hari dari tanggal mulai sewa, biaya administrasi Rp.120.000
    2. Penyewa akan mendapatkan nilai pengembalian sebesar seluruh biaya sewa dan biaya ongkir setelah dikurangi biaya administrasi sesuai perhitungan diatas.
  2. Dana pengembalian Penyewa akan otomatis masuk ke saldo Gigel pay milik Penyewa.
  3. Apabila dana refund telah masuk ke saldo Gigel pay milik Penyewa, maka Penyewa dapat menggunakannya untuk membuat order baru atau penarikan dana dari Gigel pay Penyewa.
  4. Merchant akan menerima biaya administrasi sebesar 85% dan akan masuk ke akun Gigel Pay Merchant dan gigel.id akan menerima biaya administrasi sebesar 15% dari total biaya administrasi yang dipotong dari penyewa.
MENGEMBALIKAN BARANG YANG SEDANG DISEWA LEBIH AWAL
  1. Penyewa dapat mengembalikan barang yang sedang disewa lebih awal dari periode order sewa yang telah dibuat sebelumnya oleh Penyewa.
  2. Penyewa akan mendapatkan nilai pengembalian setelah dikurangi biaya administrasi Rp.70.000 dan tanpa pengembalian biaya pengiriman dengan detail perhitungan di poin no.3
  3. Contoh: Penyewa sewa mainan XYZ untuk 1 bulan dengan harga sewa Rp.500.000, namun penyewa ingin mengembalikan lebih awal yang hanya digunakan selama 3 hari. Periode sewa tercepat mainan tersebut adalah 2 minggu dengan harga sewa yang tercantum di website Gigel.id untuk 2 minggu sebesar Rp.300.000. Sehingga perhitungan dana yang akan dikembalikan adalah: 3 hari / 14 hari (2 minggu) x Rp.300.000 = Rp 64.285, Sehingga dana yang akan dikembalikan sebesar Rp.500.000-Rp.70.000 (biaya administrasi)-Rp64.285-Rp69.000 (biaya ongkir) = Rp296.715
  4. Dana pengembalian Penyewa akan otomatis masuk ke saldo Gigel.id milik Penyewa.
MENUKAR BARANG YANG SEDANG DISEWA DENGAN BARANG YANG LAIN
  1. Penyewa dapat menukar barang yang sedang disewa dengan barang lainnya
  2. Terdapat biaya administrasi sebesar Rp.30.000 untuk menukar barang
  3. Contoh perhitungannya:

    Penyewa sedang menyewa barang ABC untuk 1 bulan senilai Rp.600.000, lalu baru disewa 17 hari, Penyewa ingin menukar barang yang sedang disewa dengan barang lainnya DEF dengan periode sewa 2 bulan senilai Rp800.000. Maka tambahan biaya sewa yang harus dibayar oleh Penyewa adalah:

    Untuk produk ABC, waktu sewa terpendek yang ada di website Gigel.id adalah 2 minggu dengan biaya sewa Rp.400.000, sehingga biaya perhitungan sewa sementara yaitu: Rp.400.000 (harga sewa 2 minggu) + Rp.85.714 (proporsi 3 hari sewa dari harga sewa 2 minggu) = 485.714. Sehingga sisa dana untuk Penyewa: Rp.600.000 -Rp485.714 - Rp.30.000 (biaya administrasi) - Rp.34.500 (biaya ongkir Jakarta) = Rp49.786

    Sehingga untuk barang pengganti DEF untuk sewa 2 bulan senilai Rp.800.000, Penyewa cukup membayar sebesar = Rp.800.000 – Rp.49.786 = Rp.750.214

KEBIJAKAN BARANG SEWA YANG TELAH DISKON
  1. Kebijakan barang sewa yang telah diskon ini dimaksudkan untuk barang sewa yang kondisinya seperti berikut:
    • a. Partnya ada yang tidak lengkap/rusak
    • b. Ada noda yang tidak bisa hilang
    • c. Kondisi lainnya yang termasuk produk diskon yang sesuai dengan di nama judul produk
  2. Seluruh produk diskon ini tidak dapat refund dengan alasan apapun
  3. Seluruh customer yang menyewa produk harus sudah paham dengan kondisi yang dimaksud dan dapat menanyakan langsung ke tim customer service kami terkait detail kondisi barang sewa diskon ini sebelum menyewa
KERUSAKAN OLEH PENYEWA
  1. Gigel.id tidak bertanggung jawab kepada produk milik merchant apabila terjadi kerusakan atau terdapat noda yang tidak dapat hilang ataupun kehilangan bagian/seluruh dari bagian Barang yang disewakan kepada Penyewa.
  2. Merchant dapat meminta ganti rugi terhadap Penyewa dengan besaran nilai ganti rugi yang ditetapkan oleh Merchant dengan maksimal biaya ganti rugi sebesar harga baru retail produk tersebut. Merchant dapat meminta Gigel.id mencairkan deposit sesuai dengan penjelasan poin terkait “DEPOSIT”.
  3. Apabila tidak ada kesepakatan antara Penyewa dan Merchant terkait nilai ganti rugi yang disepakati, maka pihak Gigel.id akan menentukan besaran nilai ganti rugi yang wajar apabila transaksi tersebut memiliki deposit.
  4. Khusus untuk produk milik GIGEL.ID Official, tim GIGEL berhak meminta biaya ganti rugi sebesar maksimal harga baru retail price barang tersebut apabila terjadi kerusakan atau terdapat noda yang tidak dapat hilang ataupun kehilangan bagian/seluruh dari bagian Barang yang disewakan kepada Penyewa.
  5. Untuk penagihan denda akan dilakukan oleh tim Gigel.id ataupun pihak ketiga melalui komunikai telepon, whatsapp, SMS maupun datang langsung ke tempat Penyewa.
PENATAAN ETALASE
  1. Merchant dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak tebatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Gigel.id.
  2. Merchant dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Penyewa / calon Penyewa diluar website Gigel.id. Jika hal tersebut terjadi maka Merchant akan di blokir dari website Gigel.id
  3. Penamaan Barang harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama dan/atau kata yang tidak berkaitan dengan Barang tersebut.
  4. Penamaan Barang dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang yang ditampilkan dan Pengguna tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang.
  5. Merchant wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
  6. Gigel.id memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Merchant jika akun Merchant sudah tidak aktif lebih dari 6 bulan, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Merchant melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
  7. Gigel.id memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal Gigel.id.
KOMISI
  1. Saat penyewa telah menyelesaikan masa sewa barang, toko sewa merchant harus melakukan konfirmasi di website Gigel.id bahwa barang telah diterima. Maka biaya sewa yang telah dibayar oleh penyewa akan otomatis masuk kedalam akun milik Gigelpay merchant dan sudah dipotong biaya komisi sebesar 15% per produk yang tersewa. Toko sewa merchant dapat menggunakan dana Gigelpay tersebut untuk membuat transaksi di Gigel.id ataupun menarik dana ke rekening pribadi yang terdaftar di website gigel.id.
  2. Gigel.id dapat sewaktu-waktu merubah nilai besaran komisi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
KARTU KREDIT
  1. Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi penyewaan barang melalui Situs Gigel.id.
  2. Transaksi penyewaan barang dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi penyewaan dengan nilai total belanja minimal Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) hingga maksimal Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah)
  3. Transaksi penyewaan barang dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh Gigel.id dan mempergunakan kurir/logistik yang disediakan dan terhubung dengan Situs Gigel.id.
  4. Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.
  5. Apabila terdapat transaksi penyewaan barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Gigel.id, maka Gigel.id berwenang untuk:
    • Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Gigel.id, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 hari
    • Melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi
  6. Gigel.id akan menghentikan kerjasama dengan Merchant yang melakukan tindakan yang dapat merugikan prinsipal, penerbit, acquirer dan /atau pemegang kartu kredit, antara lain memproses penarikan / gesek tunai (cash withdrawal transaction).
  7. Apabila transaksi penyewaan tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit Penyewa di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi penyewaan barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Gigel.id.
  8. Kartu kredit yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Gigel.id hanya kartu kredit yang diterbitkan di Indonesia.
NOMOR REKENING PENAMPUNGAN GIGEL.ID

Apabila Penyewa memilih metode pembayaran bank transfer, akan tersedia 3 pilihan nomor rekening bank milik Gigel.id:

  1. BCA 5242939000 PT Daninda Sukses Makmur
  2. BRI 119201000229309 PT Daninda Sukses Makmur
  3. Mandiri 1260007282634 PT Daninda Sukses Makmur
PENGIRIMAN BARANG
  1. Pengiriman Barang dalam sistem Gigel.id wajib menggunakan pilihan pengiriman yang telah terdaftar di Gigel.id
  2. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
  3. Merchant wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.
  4. Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
  6. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Merchant maupun Penyewa, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Penyewa maupun Merchant. Gigel.id tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.
  7. Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pengiriman barang GoSend untuk transaksi Penyewaan barang melalui Situs Gigel.id dengan ketentuan sebagai berikut dibawah ini:
    • Biaya ongkos kirim GoSend yang tertera pada halaman keranjang belanja adalah total biaya pengiriman barang, maka Merchant dan/atau Penyewa tidak perlu membayarkan biaya tambahan lain selain dari total biaya tersebut.
    • Biaya ongkos kirim GoSend tersebut diatas telah meliputi (i) biaya jasa petugas kurir GoSend dan (ii) biaya parkir kendaraan petugas kurir GoSend.
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa biaya tambahan lain yang diberikan langsung oleh Pengguna kepada petugas kurir GoSend tanpa melalui sistem pembayaran Gigel.id merupakan beban dan tanggung jawab pribadi Pengguna.
    • Setelah Penyewa melakukan proses pembayaran, Penyewa dilarang meminta kepada driver GoSend untuk mengirim barang dengan alamat pengiriman lain yang tidak sesuai dengan yang tercantum di kolom alamat atau invoice pada transaksi Penyewaan. Perubahan alamat pengiriman hanya dapat dilakukan sebelum Penyewa melakukan proses pembayaran.
    • Pengguna dapat mengadukan pelayanan petugas kurir GoSend melalui nomor Call Center GoSend (021) 5055 2220.
    • Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Penyewa dan Merchant dapat melaporkan ke pihak Gigel.id paling lambat 2x24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.
  8. Biaya kirim kurir GoSend Instant Delivery (Jabodetabek)
    • 0 – 20 km Pertama : Rp 2,500 / km
    • 20.1 – 40 km Selanjutnya : Rp 3,000 / km
    • Harga Minimal : Rp 20,000
  9. Biaya kirim kurir GoSend Same Day Delivery
    • 0 – 3 km : Rp12,000 (flat)
    • 3.1 – 15 km : Rp18,000 (flat)
    • 15.1 – 40 km : Rp1,200/km
KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN
  1. Gigel.id akan mengirimkan notifikasi otomatis ke email Pengguna yang terdaftar di Gigel.id terkait akan berakhirnya masa sewa. Sehingga Penyewa dapat mempersiapkan Barang yang akan dijemput kembali oleh Merchant melalui jasa logistik yang telah dipilih oleh Penyewa.
  2. Apabila saat waktu penjemputan, Barang yang seharusnya dijemput tidak tersedia maka Penyewa wajib membayar kembali tambahan biaya penjemputan dan biaya tambahan sewa yang telah berakhir beserta denda keterlambatan ke rekening penampungan Gigel.id.
  3. Biaya denda keterlambatan adalah sebesar 20% dari biaya sewa per 1 minggu + tambahan biaya sewa 1 minggu produk yang telah dikembalikan.
KIRIM FOTO KTP
  1. Seluruh customer wajib mengirimkan KTP sebelum barang yang disewa dikirim. Bisa dengan 2 cara untuk submit KTP.
    • Melalui website www.gigel.id, ke menu profil customer, lalu klik pengaturan profil, lalu akan muncul kotak pesan 'Lakukan verifikasi identitas disini' silakan diklik, dan upload foto KTP customer.
    • Melalui Customer Service GIGEL.ID. Bisa dikirim melalui Line @gigel, Email info@gigel.id atau Whatsapp 081284594634.
  2. Data KTP akan dienkripsi sehingga aman.
  3. Tujuan dari penyimpanan data KTP customer adalah supaya GIGEL.ID memiliki data customer yang valid sebagai upaya pencegahan dari produk yang sedang disewakan dari GIGEL.ID
  4. Apabila calon customer tidak bersedia mengirimkan foto KTP, maka bisa dengan membayar deposit seharga 50% dari harga retail produk yang akan disewa.
  5. Apabila sampai hari H mulai sewa, customer belum mengirimkan KTP, maka GIGEL.ID berhak membatalkan pesanan customer tersebut dan dana yang telah dibayarkan akan direfund setelah dikurangi biaya pembatalan pesanan sebesar Rp 70.000.
PENARIKAN DANA GIGEL PAY
  1. Seluruh dana refund order sewa dari customer, dana refund deposit dan hasil pendapatan sewa milik merchant toko sewa akan otomatis masuk ke account GIGEL PAY milik masing2 account tersebut.
  2. Untuk besaran dana refund terkait batal sewa atau dikembalikan sewa lebih awal oleh customer, maka besaran dana yang akan masuk ke GIGEL PAY setelah dikurangi biaya administrasi yang besarannya akan diinfokan dari pihak GIGEL.ID
  3. Apabila dana telah masuk ke account GIGEL PAY, maka customer ataupun merchant toko sewa baru dapat request withdraw penarikan ke rekening bank yang telah didaftarkan di website GIGEL.ID.
  4. Penarikan dana dari GIGEL PAY ke rekening bank akan diproses dalam waktu 3x24 jam hari kerja.
  5. Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BRI, akan dibebankan biaya tambahan untuk transfer yang akan menjadi tanggungan dari Pengguna.
  6. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Gigel.id, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Gigel.id berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
  7. Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam poin 6 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak Gigel.id.
PENOLAKAN JAMINAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB

Gigel.id adalah portal web yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Merchant maupun Penyewa di website Gigel.id. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar Pengguna, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Gigel.id secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

Gigel.id selalu berupaya untuk menjaga Layanan Gigel.id aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Gigel.id memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time

Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Gigel.id atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Gigel.id diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Gigel.id (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Gigel.id bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Gigel.id.
  2. Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Gigel.id.
  3. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Gigel.id.
  4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
  5. Terjadinya kecelekaan akibat penggunaan barang yang disewa oleh Penyewa.
  6. Pengiriman Barang.
  7. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
  8. Perselisihan antar Pengguna.
  9. Pencemaran nama baik pihak lain.
  10. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Gigel.id, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan Gigel.id ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  11. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Gold Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Gigel.id.
  12. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Gigel.id.
  13. Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan Gigel.id.
  14. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Gigel.id yang diduga palsu.
  15. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
  16. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.
GANTI RUGI

Pengguna akan melepaskan Gigel.id dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Gigel.id (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Gigel.id yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

HUKUM YANG BERLAKU

Syarat & ketentuan ini tunduk, diatur, dan patuh pada hukum yang berlaku di Republik Indonesia, dan Pengguna sepakat untuk terikat pada hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Pengguna dan Gigel.id sepakat bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau perjanjian ini dapat diselesaikan secara musyarawah mufakat ataupun ke ranah hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

PEMBAHARUAN DAN/ATAU PERUBAHAN

Syarat & ketentuan dapat sewaktu-waktu diubah dan/atau diperbaharui sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu dari Gigel.id. Gigel.id menyarankan Pengguna untuk membaca dan memeriksa halaman syarat & ketentuan ini dengan saksama sebelum melakukan aktivitas apapun di situs Gigel.id untuk mengetahui pembaharuan dan perubahan yang ada. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Gigel.id, maka Pengguna dianggap menyetujui pembaharuan dan/atau perubahan dalam halaman ini.

Pembaruan Terakhir : 10/05/2019 14:20

Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID