Blog

Serunya Balance Bike! Beli atau Sewa?

Serunya Balance Bike! Beli atau Sewa?

Pernah dengar balance bike moms? Yang punya anak balita pasti deh sudah akrab dengan sepeda lucu beroda dua ini. Balance bike biasanya hanya terdiri dari rangka sepeda, dua roda, stang dan tempat duduk. Jadi jangan heran yah moms kalau balance bike tidak punya pedal, karena memang desainnya untuk melatih keseimbangan kaki anak balita. 

Cara Kerja Balance Bike Gimana Sih?

Hampir sama dengan sepeda roda dua biasa, bedanya adalah balance bike sepenuhnya mengandalkan tenaga kaki untuk bergerak maju. Selain harus menjaga keseimbangan sepeda, anak juga harus mahir menyetir balance bike dengan mempertahankan posisi stang, sekaligus arah jalan sepeda. 

Seiring keseimbangan yang meningkat, nantinya jumlah dorongan yang dibutuhkan untuk menggerakkan balance bike akan berkurang. Otomatis balance bike akan meluncur lebih lancar sambil anak beringsut- ingsut  mengikuti gerakannya dengan seru. 

Balance bike umumnya cocok untuk anak usia 2-6 tahun, bahkan beberapa instruksi penggunaan juga menganjurkan pemakaian sejak usia 18 bulan. Ukuran balance bike memang akan berbeda satu dengan yang lain. Patokannya adalah tapak kaki anak harus rata dengan tanah saat menggunakan balance bike, tanpa berjinjit. Jadi, pastikan dulu yah moms sebelum gegabah membeli. 


Manfaat Balance Bike

Beberapa manfaat memberikan balance bike untuk anak antara lain :


  • Untuk perkembangan otot kasar

Masih mencari mainan atau aktivitas terbaik untuk melatih gross motorik anak? Balance bike adalah salah satu cara terbaik untuk membantu anak terutama untuk melatih keseimbangan, koordinasi, otot perut dan juga daya tahan. 


  • Transisi ke sepeda lebih mudah

Balita yang belajar balance bike sejak usia dini ( 18-24 bulan) akan lebih mudah belajar sepeda 2 roda saat memasuki usia 3 tahun. 


  • Olahraga Menyenangkan

Hampir semua anak suka bersepeda, jadi unsur fun sudah pasti bisa jadi motivasi untuk olahraga. Moms juga pasti sudah tahu dong pentingnya berolahraga untuk mencegah obesitas dan sekaligus menjaga kesehatan tubuh? 


  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Anak- anak yang menguasai keahlian tertentu bisa punya rasa percaya diri yang lebih tinggi. Terutama jika anak mengalami progres atau kemajuan, rasa bangga dan termotivasi bakal memicu semangatnya untuk tampil lebih hebat lagi. 


Jadi, Beli atau Sewa Nih Moms?


Pada dasarnya, balance bike adalah jenis mainan yang cukup worth nilainya. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan mainan lain yang usianya lebih pendek, misalnya mainan musiman atau mainan yang tidak ada nilai edukasinya. 


Balance bike yang berkualitas juga bisa tahan dipakai karena memang dirancang untuk lebih kokoh, tahan banting, dan bisa dibawa ke outdoor tanpa khawatir banyak kerusakan berarti. Terlebih lagi, balance bike juga termasuk mainan yang ramah lingkungan karena tidak terbuat dari plastik. 


Hanya saja, pertimbangan budget tentu kembali lagi menjadi hal yang relatif bagi setiap orang tua. Harga balance bike yang benar- benar berkualitas dari brand terpercaya bisa mencapai jutaan rupiah, sedangkan balance bike yang berharga murah belum tentu punya kualitas yang sebanding. 


Penggunaan balance bike juga tergantung kemauan anak, apakah anak pasti mau mencoba dan menyukainya? Lalu seberapa cepat anak merasa bosan? Terlebih jika orang tua tidak punya akses outdoor yang sering bisa digunakan. 


Balance bike yang ideal harus juga disesuaikan dengan tubuh anak, dimana mereka harus bisa menapak rata dengan permukaan tanah. Otomatis anak usia balita akan dengan cepat sudah tumbuh dan harus berpindah ke balance bike ukuran selanjutnya. 


Oleh sebab itu, sangat disarankan agar orang tua mencoba sewa balance bike, minimal untuk awal- awal pengenalan dulu. Jika anak tertarik dan punya minat besar, serta menunjukkan kesediaan bermain secara jangka panjang, didukung dengan akses outdoor yang cocok, serta bisa diteruskan kepada adiknya, maka pertimbangan membeli balance bike boleh dipikirkan sesuai dengan budget yang ada. 

Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID