Blog

Fakta Mengenai “Mongolian Spot” yang Perlu Anda Ketahui

Fakta Mengenai “Mongolian Spot” yang Perlu Anda Ketahui

Pernahkah Anda menemukan bercak lebam berwarna agak hijau kebiruan di bagian punggung atau pantat bayi Anda? Mungkin beberapa dari Anda kebingungan dari mana bercak lebam ini muncul. Padahal jika diperhatikan, bayi Anda tidak terbentur benda-benda apapun. Nah moms, jika merasa melihat bercak ini dibagian tubuh bayi Anda, dapat dipastikan bahwa bercak ini disebut dengan‘Mongolian Spot’.


Mongolian Spot merupakan hasil pigmentasi kulit yang biasa dijumpai pada bayi-bayi berdarah Asia. Bercak ini muncul diakibatkan karena kumpulan sel-sel kulit (melanosit) yang mengandung pigmen kulit (melanin). Hal ini bisa terjadi disebabkan karena terhambatnya proses migrasi melanosit dari puncak saraf (krista neuralis) ke epidermis (lapisan luar kulit) di dalam dermis (lapisan tengah kulit). Proses pembentukan bercak ‘mongolian spot’ ini terjadi selama proses pembentukan embrio di dalam rahim.


Umumnya,bercak ini memiliki diameter sekitar 1-15 cm. Bercak Mongolian Spot ini akan memudar/menghilang dengan sendirinya seiring anak kita bertumbuh besar. Namun pada beberapa kasus tertentu, bercak ini dapat menetap sebagai tanda lahir di tubuh bayi hingga dewasa. Hal ini biasanya disebabkan akibat bercak yang menyebar luas, lebar di beberapa lokasi yang tak biasa.


Bagi moms yang sekiranya menemukan bercak ini di tubuh bayi Anda, tak perlu khawatir ya. Karena bercak ini tak berbahaya dan menjadi hal yang sering ditemukan di bagian tubuh bayi. Tak perlu perawatan khusus untuk menangani ‘Mongolian Spot’ ini. Anda hanya perlu memantau ukuran, warna, dan tekstur dari bercak itu sendiri. Jika tidak memiliki tanda-tanda yang mencurigakan makan bisa dipastikan bahwa bercak tersebut adalah ‘Mongolian Spot’


Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID