Blog

Busy Boards & Manfaatnya Untuk Anak

Busy Boards & Manfaatnya Untuk Anak

          Tidak doyan memberi anak mainan plastik yang tidak jelas? Atau bosan dengan mainan edukasi yang itu-itu saja? Mungkin saatnya memberi si kecil mainan busy boards deh moms. Lihat dulu koleksi sewa busy board berkualitas buat balita di Gigel, dan cari tahu mengapa busy boards banyak manfaatnya untuk anak. 


Apa itu Busy Boards?


Kalau dulu sempat ada trend busy book atau busy bag, untuk anak zaman now kita punya mainan busy boards yang lebih komplit lagi. Sesuai namanya, busy board adalah papan permainan yang bertujuan untuk membuat si kecil “sibuk” bermain dan belajar. 

Dengan nilai edukasi yang tinggi, busy boards ini rata- rata berukuran cukup besar dan berisikan berbagai macam benda- benda sehari-hari yang sudah tidak asing lagi. Salah satu contoh benda yang wajib ada misalnya adalah tombol, roda putar, telepon, pegangan pintu, hingga grendel dan bel/terompet. 


Heran mengapa isi busy boards selalu benda- benda yang sudah lazim? Ini karena anak balita selalu punya ketertarikan tersendiri dengan benda- benda yang biasa sudah ada di sekelilingnya. Jadi jangan heran bila si kecil cuek bebek terhadap mainan mahal, tetapi sering doyan bermain remote AC atau laci di rumah. 


Nah, makanya busy boards yang sudah ditempeli benda- benda ini semuanya akan jadi mainan yang ideal untuk menyita perhatiannya, membuatnya sibuk ala teknisi profesional, sambil juga belajar memahami cara kerja benda di sekitar kita. 


Manfaat Busy Boards


Bukan cuma membuat si kecil sibuk dan larut dalam dunia bermain, konsep busy boards juga berangkat dari pembelajaran sensorik dan motorik yang baik untuk perkembangan anak. Terutama untuk pembelajaran sensorik, beberapa manfaat busy boards yang bisa dipetik diantaranya :

  • Membantu koneksi syaraf- syaraf pada otak yang sedang berkembang.

Masa bayi dan balita adalah masa emas untuk pembentukan synapse, atau jaringan syaraf otak sebagai pusat informasi, baik informasi keluar ataupun informasi masuk. Dengan permainan yang bersifat sensorik, synapse akan terbentuk melalui stimulasi indera tubuh dan emosi. 


  • Mendukung Perkembangan Linguistik

Bukan hanya mendukung perkembangan linguistik melalui eksplorasi busy boards, anak- anak juga akan belajar perkembangan kognitif, keahlian motorik, kemampuan problem solving dan interaksi sosial. 


  • Meningkatkan Fungsi Memori

Repetisi adalah bagian dari permainan busy boards yang terdiri dari beberapa benda yang sama. Pengalaman yang berulang ini sebenarnya punya manfaat positif, sama halnya dengan ritual dan jadwal harian, tradisi keluarga dan berbagai aktivitas sama setiap harinya. 


  • Mengelola Emosi

Kegiatan bermain seperti mewarnai, melukis dan juga bermain busy boards memberikan anak kesempatan untuk larut ke dunianya secara sepenuhnya. Efek psikologisnya, anak merasa lebih tenang dan jauh dari rasa cemas. 


  • Mendalami Atribut Objek

Busy boards juga memberikan anak pengetahuan seputar benda- benda, tekstur, suhu, fungsi, fitur, detail dan banyak lagi atribut objek yang bisa dipermainkan sepuas hatinya. 


Buat yang belum mencoba atau ingin mengganti mainan secara periodik, cobain dulu sewa busy boards di Gigel yuk! Pastinya busy boards Gigel selalu berkualitas, variatif dan didesain khusus untuk pengalaman main terbaik si kecil. 


Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID