Blog

Atasi Kecanduan Anak Pada Gadget Dengan Tips Berikut

Atasi Kecanduan Anak Pada Gadget Dengan Tips Berikut

Gadget memang membuat segalanya jadi mudah. Bukan cuma anak kecil, orang dewasa pun sering kewalahan mengatasi kecanduan gadget dalam kehidupan sehari- hari. Penting bagi orang tua untuk tetap mawas diri terhadap penggunaan gadget pribadi sebelum mencoba mengatasi kecanduan pada anak. Jika sudah menjadi contoh yang baik untuk keluarga, yuk terapkan 7 cara mengatasi kecanduan gadget pada anak berikut ini:


  1. Tegas & disiplin

Sebagai orang tua yang bijak, pastikan kalian mengutamakan gaya hidup dan kebiasaan sehat pada anak. Menurut American Academy of Pediatrics, anak- anak di bawah usia 18 bulan tidak boleh rutin mendapatkan paparan screen time, sedangkan anak berusia 2-5 tahun hanya boleh mengkonsumsi penggunaan gadget sebanyak 1 jam setiap harinya. Untuk mengatasi kecanduan gadget sejak dini, batasi hingga hanya 2-3 jam per harinya, termasuk untuk penggunaan TV, komputer, gaming, gadget dan sejenisnya. 


  1. Ajak anak main di luar

Mau cara ampuh anak lupa gadget? Ajak anak bermain diluar rumah atau yang berkaitan dengan alam. Problem klasik kecanduan gadget sering berawal dari minimnya ruang bermain sehingga aktivitas anak terbatas dan berpaling ke gadget. Jika dihadapkan dengan kegiatan seperti bermain bola, meloncat, berlari, bersepeda dan sebagainya, pasti si kecil jadi lupa dengan yang namanya gadget. 


  1. Cari aktivitas asyik

Tanpa harus keluar rumah pun, masih banyak aktivitas yang bisa orang tua sediakan agar anak tetap punya kegiatan yang bebas gadget. Contohnya, memasak bersama, art & craft, membaca buku, sampai hanya bermain pretend play tanpa menggunakan perangkat elektronik. Kembali lagi, ini dimulai dari perilaku orang tua sebagai penggagas bagi anak. 


  1. Gadget bukan penolong

Mudah bagi orang tua untuk memberikan anak gadget di kala sedang sibuk. Namun, ada efek besar dari sikap yang kecil ini - hingga nanti waktunya kecanduan anak terhadap gadget sudah sulit untuk diatasi. Jadikan gadget sebagai pilihan terakhir jika anda harus bekerja dan butuh memberikan distraksi pada anak. Usahakan agar pasangan, asisten rumah tangga atau anggota keluarga lain yang diberi tugas untuk menjaga anak jika anda harus bekerja. 


  1. Usaha untuk akses gadget

Untuk anak- anak usia sekolah, akses gadget seharusnya dijadikan sebagai suatu tantangan dan bukan sebuah kebebasan. Misalnya jika anak ingin menggunakan gadget atau akses internet, minimal mereka harus meminta izin atau setidaknya sudah mengerjakan kewajiban mereka terlebih dahulu. Oleh karena itu, usahakan agar akses gadget ini tidak mudah didapatkan kapan saja kepada mereka. 


  1. Hari tanpa gadget

Coba terapkan free gadget day minimal 1 kali dalam seminggu. Ini bisa jadi ajang untuk berkomunikasi dari hati ke hati dengan anak. Jika tidak bisa dilakukan serta merta, mulai saja dulu dari beberapa jam tanpa gadget dan naikkan lagi target jumlah jam/hari tanpa gadget. 


  1. Mulai dari Anda

Terakhir dan yang tidak kalah penting, jadilah contoh pengguna gadget yang bijaksana. Anak adalah refleksi dari orang tua jadi ciptakanlah lingkungan yang sehat untuk pendidikan karakter yang paling baik. Karena anak selalu melihat orang tua sebagai panutan, sudah selayaknya kita memberikan contoh penggunaan gadget yang benar. Kurangi penggunaan gadget di depan anak dan binalah komunikasi yang akrab dengan mereka. 

Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID