Blog

Amankah Gendongan Hipseat Untuk Bayi?

Amankah Gendongan Hipseat Untuk Bayi?

Mengasuh anak memang bikin capek yah moms - terutama di bagian punggung, bahu dan leher. Apalagi jika anak ngotot harus digendong dan enggan lepas, meski berat badan sudah terus bertambah. Tidak mudah memang harus mengurus bayi ataupun si sulung yang juga turut ingin dimanja. Nah disinilah fungsi hipseat yang bisa memudahkan hidup orang tua! Yuk, cek dulu fakta seputar hipseat yang akan dikupas tuntas berikut :


Apakah itu Hipseat? 


Pasti sudah ga asing lagi nih moms, hipseat adalah sejenis gendongan atau dudukan yang bisa dipasang pada bagian tubuh supaya bayi bisa digendong/didudukkan pada posisi pinggul. Kebanyakan gendongan hipseat memiliki panel yang bisa digeser- geser, sehingga orang tua bisa dengan mudah meletakkan anak sesuai posisi yang diinginkan ( kiri, kanan atau tengah). 


Saat menggunakan hipseat, orang tua tetap harus menggunakan tangan untuk menopang punggung bayi, terkecuali jika hipseat sudah termasuk pada alat gendongan ( komplit). Jenis hipseat yang ada di pasaran umumnya tidak direkomendasikan untuk newborn, tetapi cukup praktis untuk digunakan bagi bayi mulai usia 6 bulan hingga 3 tahun sesuai dengan keterangan dan berat maksimal hipseat yang digunakan.


Amankah Gendongan Hipseat untuk Bayi?


Sama seperti jenis gendongan lainnya, hipseat sesungguhnya aman digunakan sepanjang orang tua tetap mengikuti cara penggunaan yang tepat. Prioritas utama pada penggunaan hipseat adalah : struktur yang kuat dan aman ketika digunakan anak. 


Selain itu, pastikan juga anak sudah memiliki otot leher yang cukup kuat untuk menopang kepala. Umumnya anak berusia 6 bulan sudah boleh menggunakan hipseat, tetapi tetap lihat perkembangan bayi anda untuk memastikannya. 


Saat menggunakan, pastikan posisi anak nyaman dan coba ganti- ganti posisi duduk anak supaya distribusi berat badan terhadap orang tua semakin pas. Beberapa pertimbangan umum saat menggendong berikut juga wajib dicek yah moms:

  • Posisi muka anak terbuka

  • Jalur pernafasan anak tetap terbuka

  • Dagu anak tidak menempel di bagian dada

  • Anak bisa duduk tegak, tidak bungkuk dan bagian leher sudah ditopang dengan baik

  • Gendongan hipseat ketat dan anak dekat ke badan orang tua. 


Manfaat Menggunakan Hipseat


Jika anak didudukkan pada posisi yang nyaman dan natural pada hipseat, ini akan memudahkannya untuk berinteraksi dan bermain secara leluasa. Lebih pentingnya lagi, anak tetap bisa bonding dengan ayah atau ibu dengan mudah. 


Bukan cuma anak yang bisa menikmati santainya duduk di hipseat, tetapi ada juga manfaat yang bisa dirasakan oleh orang tua :


  • Membantu Distribusi Berat Badan Anak Pada Bagian Bawah Orang Tua


Sering dengar problema sakit pinggang karena menggendong anak terlalu lama? Atau mungkin moms sendiri juga mengalaminya? Dengan hipseat, berat badan anak didistribusikan secara merata pada bagian pinggang dan pinggul Anda. Dengan mengandalkan pinggul dan kaki, bagian punggung orang dewasa tidak perlu lagi terbebani sehingga bahu dan bagian belakang juga tidak tertekan saat menggendong bayi. 


  • Bisa Menggendong Lebih Lama


Karena hipseat bisa mengurangi beban gendongan, artinya moms juga bisa lebih nyaman dan lebih lama menggendong bayi. 


  • Cocok Untuk Keluhan Sakit Punggung


Banyak orang tua yang ingin menggendong bayi tetapi khawatir akan kesehatan tulang belakang. Nah hipseat bisa jadi solusinya karena mengurangi beban gendongan sehingga tekanan pada bagian belakang tubuh juga berkurang, termasuk pada bagian otot. 


  • Memperbaiki Postur Berdiri


Karena hipseat menjadikan bagian atas tubuh lebih leluasa, maka postur berdiri orang dewasa juga akan semakin lurus. Berbeda dengan misalnya gendongan depan atau gendongan samping yang berat sebelah, maka hipseat bisa mencegah posisi bungkuk atau bengkok saat menggendong. 


Siap mencoba hipseat moms? Coba liat dulu yuk koleksi sewa hipseat atau sewa carrier yang cocok untuk si kecil!



Copyright © 2019. All rights reserved by GIGEL.ID