Blog

7 Fakta Doula Yang Wajib Diketahui

7 Fakta Doula Yang Wajib Diketahui

Masih asing mendengar istilah doula? Berkaitan erat dengan dunia kehamilan dan kelahiran, yuk cek dulu fakta doula yang wajib diketahui oleh ibu yang siap melakukan persalinan :


  1. Definisi Doula


Doula adalah tenaga profesional terlatih yang bertugas melayani kebutuhan ibu menjelang hari persalinan tiba. Diambil dari bahasa Yunani yang berarti pelayan wanita, doula berbeda dengan bidan karena lebih cenderung ke jasa layanan pribadi untuk melayani kondisi emosional dan fisik ibu hamil, sebelum dan setelah melahirkan.


  1. Jenis Doula


Ada dua jenis doula untuk kebutuhan ibu bersalin, yaitu birth doula dan postpartum doula.


Sesuai namanya, birth doula adalah doula yang bertugas mendampingi ibu hamil dalam persiapan proses bersalin hingga kelahiran bayi. Sedangkan postpartum doula adalah doula yang akan membantu ibu setelah bayi lahir, seperti mengajarkan cara mengasuh sehari-hari dan menyesuaikan diri terhadap tanggungjawab baru anda.


  1. Tugas Doula


Sebagai pendamping bersertifikat khusus untuk kesehatan dan kenyamanan ibu yang akan melahirkan, tugas doula mencakup memberikan bimbingan, jawaban dan informasi seputar hari persalinan. Di saat bersamaan, doula juga akan memberikan kepercayaan diri supaya ibu bersalin tidak khawatir, cemas dan takut pada hari H bersalin.


Doula juga akan mengajari ibu hamil sejumlah teknik sederhana seperti teknis pernafasan dalam, relaksasi, pijat untuk kenyamanan dan merangsang kontraksi. Ini supaya bisa mempermudah kelahiran sekaligus meredakan rasa sakit selama melahirkan nanti.


  1. Benefit Doula


Mengutip dari Americanpregnancy.org, banyak studi yang mencatat keunggulan bagi ibu yang didampingi doula selama masa kelahiran. Proses bersalin umumnya akan berjalan dengan hasil yang positif, dan ibu juga tidak membutuhkan bantuan medis seperti obat-obatan untuk meredakan rasa sakit. Bagi yang ingin kelahiran alami, doula juga terbukti meminimalisir kebutuhan operasi Caesar.


Sebuah studi menunjukkan kalau kehadiran doula bisa mengurangi tingkat operasi caesar hingga 50%, durasi melahirkan lebih singkat hingga 25%, kebutuhan atas obat-obatan oxytocin berkurang 40% dan epidural 60%.


  1. Mengapa Doula Begitu Efektif

Doula sering menggunakan metode sentuhan dan pijat untuk mengurangi stress dan kecemasan semasa kelahiran. Dari metode pijat ini, produksi oxytocin natural akan meningkat sehingga meningkatkan daya tahan terhadap sakit dan mood yang lebih bersemangat.


  1. Mendampingi Ayah


Walaupun doula memprioritaskan ibu bersalin, bukan berarti doula akan mengambil alih fungsi ayah. Lebih tepatnya, doula akan mendampingi kedua orangtua dalam menyambut kelahiran buah hati. Doula juga bisa memotivasi ayah untuk menggunakan teknik tertentu sehingga ibu merasa lebih nyaman. Setiap saat ayah ingin beristirahat, adalah tugas doula untuk mengambil alih supaya setiap pihak yang terlibat semakin nyaman.


  1. Trend Doula


Saat ini, kehadiran doula semakin dikenal dan dekat dengan masyarakat. Sejumlah selebritis tanah air mulai bergantung pada jasa pendampingan doula untuk proses kelahiran yang paling berkesan. Diantaranya adalah Ardina Rasti, Atiqah Hasiholan, keluarga Babe Cabita, Nycta Gina, Rachel Vennya dan masih banyak lagi.


Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID