Blog

5 Mitos yang Harus Dihindari Ibu Baru

5 Mitos yang Harus Dihindari Ibu Baru

Menjadi seorang Ibu tentu menjadi anugerah terbaik yang dirasakan oleh para perempuan.  Namun, pada kenyataannya, tugas seorang ibu baru tak semudah yang Anda pikirkan. Perlunya persiapan yang matang menjadi tantangan tersendiri yang perlu dihadapi seorang ibu, tak terkecuali perlunya menampung banyak informasi baru.

Berbicara tentang informasi, perlunya informasi dapat dijadikan pembelajaran dan persiapan diri baik secara mental. Mitos kerap bermunculan dan menimbulkan kebingungan bagi para ibu. Mitos-mitos yang beredar di masyarakat tak kala dijadikan acuan oleh para ibu untuk menjaga si buah hati. Namun tak perlu khawatir, beberapa mitos pantangan ini dapat dipastikan hanyalah mitos belaka. Yuk moms, pelajari mitos apa saja yang perlu dipahami :

  1. Pelihara Kucing Dapat Menyebabkan Keguguran

                Banyak mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil dilarang keras untuk memelihara kucing.  Pasalnya, konon bulu kucing disebut-sebut dapat menyebabkan bayi terlahir cacat bahkan keguguran pada ibu hamil. Faktanya, ternyata sah-sah aja kok moms memelihara kuncing saat hamil. Namun, hal yang perlu diperhatikan mungkin terkait kotoran kucing karena kotoran kucing  berpotensi untuk menularkan virus tokso yang berbahaya untuk ibu hamil.


  1. Bayi Dilarang Keluar Rumah Sebelum berumur 40 hari

                Mitos satu ini masih bisa dikatakan cukup relevan karena jika diperhatikan, bayi yang masih sangat kecil akan rentan terjangkit virus ataupun bakteri penyakit. Bayi yang belum cukup umur cenderung memiliki daya tahan tubuh yang rentan, sehingga sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan area di sekitar bayi.


  1. Dilarang Mandi Pakai Air Panas

                Ibu hamil dilarang mandi air panas? Apa benar? Faktanya boleh kok! Namun mungkin yang perlu diperhatikan adalah ketika moms mulai berendam air panas ataupun bersauna. Lantas, berendam air panas dan bersauna nyatanya dapat menganggu pertumbuhan si janin yang disebabkan oleh suhu badan yang terlalu panas. Jadi, kalau sebatas mandi dan tidak berendam, sah-sah aja moms!


  1. Makanan Pedas Bisa Merangsang Kontraksi dan Mempercepat Kelahiran.

                Katanya sih, sering makan pedas saat hamil bisa merangsang kontraksi dan mempercepat kelahiran. Faktanya, belum tentu benar! Fakta ilmiah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan pedas pada ibu hamil hanya akan menyebabkan  perut mules hingga diare, bukan kontraksi pada persalinan.


  1. Minum Kelapa Muda Bikin Bayi Putih Bersih

                Sering minum air kelapa saat hamil bisa membuat bayi lahir nanti berkulit putih dan bersih. Padahal mitos seperti itu jika dipikir-pikir tidak ada kaitannya.  Soal jenis kulit dan warna kulit, itu tergantung dari gen dan tidak ada kaitannya terhadap minum air kelapa muda.


Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID