Blog

5 Cara Menyiasati Inflasi Biaya Pendidikan Anak

5 Cara Menyiasati Inflasi Biaya Pendidikan Anak

Setiap pergantian tahun pelajaran, banyak orang tua yang harus shock ringan mendengar kenaikan uang sekolah yang fantastis jumlahnya. Jika data inflasi tahunan Indonesia ada di angka antara 3-5%, inflasi biaya pendidikan tahunan bisa saja jauh melebihi angka tersebut, bahkan mencapai diatas 10%. Tapi tenang saja moms, tetap ada cara menyiasati inflasi biaya pendidikan anak kok. Yuk ini 5 tips finansial terbaiknya:


  1. Menabung Sejak Dini

Pernah mendengar ada yang sudah menabung biaya pendidikan anak saat single? Wajar saja moms, karena memang tidak ada yang namanya ‘terlalu dini’ untuk urusan tabungan. Menabung bukan soal angka saja, tetapi juga membentuk disiplin diri supaya ada hasil yang dipetik secara jangka panjang. 


  1. Berinvestasi 

Sayangnya moms, menabung tidak akan pernah cukup. Saatnya untuk lebih melek dengan dunia investasi sesuai dengan kapasitas masing- masing. Ini artinya jangan gegabah dalam memilih investasi bodong, lebih baik mulai memberanikan diri berinvestasi pada instrumen yang sudah terbukti, misalnya SBR pemerintah, deposito berjangka, reksadana, dan sebagainya. 


  1. Bekali Diri Dengan Literasi Finansial

Sudah mulai berinvestasi dengan aman? Saatnya untuk lebih berani dalam menghadapi inflasi biaya pendidikan anak. Tapi modalnya harus ada dulu moms, dan tidak hanya dalam bentuk kapital alias dana cair, tetapi bekal keahlian dan literasi finansial. Mulai coba gali informasi lebih lanjut seperti pasar modal atau pasar saham. Bukan tidak mungkin dengan pemahaman pasar yang baik, kalian bisa mendapatkan profit lebih dari angka inflasi tahunan!


  1. Bijak Dengan Biaya

Ini sejalan dengan prinsip menabung sejak dini yah moms. Yang namanya mengasuh anak, pasti kita ingin memberikan yang terbaik, baik dari segi sandang, pangan, papan atau bahkan kalau bisa hingga urusan kebutuhan tersier. 


Tetapi disinilah kita harus belajar bijak untuk tahu mana biaya yang wajar dikeluarkan. Bila masih ada solusi pinjam atau sewa, mengapa tidak dimanfaatkan saja moms? Bisa- bisa, kalian mendapatkan kualitas lebih dengan biaya miring berkat alternatif sewa loh. 


  1. Manajemen Keuangan Sehat

Nah, terakhir, supaya biaya pendidikan anak semakin terjamin, kelola rumah tangga dengan manajemen finansial yang sehat yah moms. Ajak semua anggota keluarga, termasuk anak untuk menerapkan gaya hidup yang hemat, invest-minded, dan tahu prinsip-prinsip keuangan yang baik. 


Nah, dengan tips diatas, langsung deh incar dulu sekolah idaman untuk ancang- ancang perkiraan biaya ke depan. Semoga membantu yah moms !

Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID