Blog

4 Alasan Mengapa Anak Butuh Kakek Nenek Dalam Hidupnya

4 Alasan Mengapa Anak Butuh Kakek Nenek Dalam Hidupnya

Dalam membesarkan anak, setiap orang tua pasti membutuhkan bantuan dan tak dapat dipungkiri, bantuan terbesar kerap datang dari orang tua kita sendiri alias kakek nenek si kecil. Kakek nenek sering mengisi peran sebagai orang tua kedua yang penuh kasih sayang dan perhatian. Mulai dari mengambil alih saat bunda sakit ataupun menjaga saat papa mama harus mengejar karir, peran penting kakek nenek sangat mutlak dalam kehidupan si kecil.

Tetapi selain mengisi peran- peran tersebut, ada juga 4 alasan mengapa anak butuh kakek nenek dalam hidupnya. Ini peran penting kakek nenek yang harus kita ketahui :

1. Cerita dan Warisan Silsilah

Peran penting kakek nenek yang pertama adalah sebagai anggota keluarga yang menjadi pengingat tentang silsilah keluaga di dalam sebuah keluarga. Mereka sering bercerita tentang kisah hidup mereka, yang nantinya akan banyak membekas dalam kehidupan si kecil sembari dia beranjak dewasa.

Riset juga menunjukkan kalau anak yang sering mendengarkan cerita dari kakek nenek tentang perjalanan hidupnya, akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih tangguh dan mampu menjawab tantangan hidup dari inspirasi kakek nenek mereka. Jadi, dorong orang tua bunda untuk bercerita tentang kisah jadul mereka sebagai motivasi serta momen untuk semakin dekat dengan cucu.

2. Sosok Guru Yang Handal

Siapa lagi yang bisa bunda andalkan untuk mengajarkan prinsip- prinsip hidup, terutama untuk working moms yang tidak bisa selalu hadir di dalam rumah buat si kecil? Peran penting kakek nenek sebagai guru tidak terlepas dari kemampuan mereka dalam membesarkan anak mereka sendiri. Dan karena kakek nenek zaman sekarang tidak selalu paham akan teknologi, maka si kecil akan kembali pada pembelajaran secara tradisional yang sangat baik untuk perkembangan kepribadiannya.

3. Histori & Tradisi Keluarga

Peran penting kakek nenek juga tidak terlepas dari histori dan tradisi keluarga yang penting untuk dilestarikan dan diteruskan untuk generasi berikutnya. Mulai dari masakan khas, acara- acara untuk momen spesial, tata cara mengerjakan sesuatu yang sudah berjalan hingga tahunan lamanya- ini semua adalah cara yang sangat baik untuk meneruskan histori dan tradisi keluarga kepada si kecil. Jadi, semangati si kecil untuk dekat dengan kakek dan nenek supaya si kecil terlibat dengan akar histori dan tradisi yang membuatnya kian mengerti asalnya.

4. Cinta Tanpa Syarat

Berbeda dengan kasih sayang orang tua yang biasanya lebih rumit karena bercampur dengan ambisi, harapan dan ekspektasi, kasih sayang dari kakek nenek rata- rata selalu murni, tulus dan bebas ego.

Kasih sayang dan perhatian dari kakek nenek sering bersifat lebih simpel dan penuh motivasi. Dan cinta tanpa syarat ini akan sangat penting untuk memupuk rasa percaya diri, pertumbuhan kognitif dan kesehatan emosional si anak sejak dini.

Jadi moms, selalu dekatkanlah si anak dengan orang tua Anda sendiri. Biarkan mereka menjalin hubungan yang akrab dan harmonis sejak awal, niscaya si kecil akan punya memori terbaik tentang masa kecilnya berkat peran penting kakek nenek mereka.

Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID