6 Perawatan Pasca Melahirkan Yang Wajib Dicoba

6 Perawatan Pasca Melahirkan Yang Wajib Dicoba

6 minggu pasca kelahiran adalah saat yang penting bagi setiap ibu untuk melakukan perawatan. Bukan hanya dalam arti kecantikan, perawatan pasca kelahiran ini penting untuk menjaga stamina sekaligus merawat kondisi tubuh agar sehat dan bugar.

Tentunya ibu yang sehat dan bugar pasti juga akan berpengaruh pada merawat bayi kecil di rumah. Perawatan pasca melahirkan juga tidak harus repot atau sulit dijalankan. Yuk intip 6 perawatan pasca melahirkan yang wajib dicoba, tanpa repot :

  1. Keluhan Payudara Sakit

Pembengkakan payudara adalah hal yang lumrah setelah melahirkan karena tubuh sedang beradaptasi dengan produksi ASI untuk bayi. Cara untuk mengatasi keluhan payudara sakit sekaligus merawat kesehatan payudara adalah dengan :

  • Mengompres dengan handuk hangat

  • Menggunakan krim payudara yang aman untuk bagian puting

  • Rajin memijat- mijat payudara untuk melancarkan aliran ASI

  1. Sembelit

Perawatan pasca melahirkan seperti konsumsi diet yang tinggi fiber dan minum banyak air putih bisa mengatasi keluhan sembelit setelah melahirkan. Selain itu, air putih juga bisa melancarkan buang air kecil.

  1. Perawatan perut

Selain rajin menyusui untuk membuang lemak di perut, perawatan pasca melahirkan untuk bagian perut dapat dilakukan dengan cara melakukan olahraga ringan sesuai izin dokter. Selain itu, banyak ibu yang juga menggunakan korset untuk menjaga postur tubuh yang ideal.

  1. Perawatan Vagina

Perawatan pasca melahirkan untuk daerah vagina yang paling penting adalah dengan menjaga kebersihan dan rutin mengganti pembalut sesuai kebutuhan. Ibu juga disarankan untuk kompres dengan es batu jika pembengkakan pasca melahirkan masih terasa nyeri. Setelah kondisi memungkinkan, lakukan senam kegel untuk menguatkan otot.

  1. Perawatan gizi

Perawatan pasca melahirkan untuk kesehatan tubuh dan gizi seimbang bisa didapatkan dari konsumsi berbagai macam makanan yang sarat dengan nutrisi. Tubuh Anda akan sangat membutuhkan protein, karbohidrat dan lemak untuk energi.

Terutama untuk ibu yang menyusui, prioritaskan makanan yang kaya dengan DHA seperti ikan salmon dan produk susu yang sehat seperti keju, yogurt, dan susu untuk asupan vitamin D. Selain itu, imbangi juga dengan buah- buahan, sayur- sayuran dan fiber untuk mendapatkan stamina sekaligus kandungan gizi di dalamnya. Tak lupa, perbanyak minum air putih setiap saat.

  1. Perawatan Mental

Selain perawatan pasca melahirkan yang jelas seperti tubuh dan makanan, ibu juga sangat membutuhkan perawatan kondisi emosional diri sendiri. Setelah melahirkan, ibu sering sekali disibukkan dengan mengurus dan merawat bayi sehingga melupakan kondisi dirinya sendiri.

Untuk menghindari baby blue syndrome atau depresi pasca melahirkan, ibu disarankan untuk banyak mengambil waktu untuk relaksasi. Libatkan juga ayah atau anggota keluarga lain dalam mengurus bayi supaya ibu tidak merasa terlalu terbebani.

Olahraga ringan seperti yoga atau meditasi juga akan membantu dalam menyeimbangkan kondisi mental ibu yang kelelahan atau stress.

Cukup menjalani perawatan pasca melahirkan yang sederhana dan tidak sulit, maka ibu akan segera sehat dan bugar seperti sedia kala kembali. Selamat mencoba!

Posted on 12/13/2017 Home, Pregnancy, Labor & Delivery, Breastfeeding/ASI 0 362

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next