Yuk! Ajak si Kecil Main Perosotan Untuk Manfaat Ini!

Yuk! Ajak si Kecil Main Perosotan Untuk Manfaat Ini!

Tahukah bunda? Dalam perkembangan si kecil dari hari ke hari, ada satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan bagi dirinya. Hal tersebut adalah stimulasi fisik dan mental yang baik untuk setiap anak. Stimulasi fisik dan mental ini juga didapatkan dari kegiatan bermain anak dalam aktivitas sehari- harinya.

Nah, stimulasi fisik dan mental ini juga bisa didapatkan saat beraktivitas di taman bermain, termasuk main perosotan. Bentuk perosotan juga bisa terdiri dari yang lurus, bergelombang atau spiral, pararel, hingga tertutup alias terowongan. Tak pelak, anak- anak pun sangat suka main perosotan saat di taman bermain atau playground.

Bukan cuma lucu dan menarik, main perosotan ternyata juga menyimpan segudang manfaat buat si kecil loh. Apa saja manfaat main perosotan? Yuk simak di bawah ini :

  1. Melatih Keseimbangan dan Koordinasi

Saat anak akan bermain perosotan, tentunya mereka harus belajar untuk memanjat tangga terlebih dahulu. Aktivitas memanjat ini tentunya membutuhkan daya fisik yang seimbang dan koordinasi antara tangan dan kaki serta perhatian dari mata.

Setelah sampai di puncak perosotan, mereka juga butuh daya sorong dari tubuh. Selain itu, anak- anak juga harus punya insting, kesadaran dan refleks atas kondisi sekeliling mereka sebelum akhirnya meluncurkan diri ke bawah perosotan.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas

Saat anak- anak menggenggam anak tangga, maka mereka sedang melatih otot tangan dan jari jemari pada saat bersamaan. Postur tubuh bagian tengah juga tertarik saat menanjak naik. Seluruh pergerakan ini adalah contoh yang baik dalam meningkatkan fleksibilitas, sekaligus stretching tubuh agar makin lentur.

  1. Mendukung Perkembangan Sosial Secara Positif

Jika bunda perhatikan di setiap taman bermain, perosotan adalah salah satu alat bermain yang hampir tidak pernah sepi dari kerumunan anak- anak. Hal ini wajar saja karena memang main perosotan memang sangat menyenangkan sekali!

Oleh karena kepopuleran perosotan ini, maka anak- anak harus belajar untuk bersabar, antri, dan saling menjaga kenyamanan saat bermain perosotan antara satu dengan lain. Latihan kesabaran diri dalam mengantri dan toleransi ini akan menjadi dasar ketrampilan dan interaksi sosial yang sangat dibutuhkan si kecil dalam beranjak menjadi pribadi yang sehat, cerdas dan trampil.

Walaupun manfaat main perosotan untuk anak sangat baik, bunda juga dianjurkan untuk tetap menemaninya bermain dan selalu mengecek dulu kebersihan dan keamanan perosotan sebelum bermain. Akhir kata, selamat main perosoan bersama si kecil!

Posted on 08/18/2017 Home, Toddler, Toddler Development, Play & Toys 0 526

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next