5 Pertanda Si Kecil Sudah Mulai Siap Bersekolah

5 Pertanda Si Kecil Sudah Mulai Siap Bersekolah

Usia masuk sekolah memang bervariasi dari satu anak ke anak yang lain. Namun rata- rata usia anak masuk sekolah adalah dimulai pada sekitar 21 bulan atau usia prasekolah. Untuk orang tua yang ingin mempersiapkan anak masuk sekolah, ada beberapa tanda- tanda selain usianya yang bisa dijadikan acuan kesiapan si kecil untuk bersekolah.

Apa saja tanda- tanda si kecil mulai siap bersekolah? Simak 5 tanda- tanda ini sebelum mulai anak masuk sekolah:

  1. Kesehatan

Faktor kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum anak masuk sekolah. Saat bersekolah, banyak  anak- anak akan sekaligus ditempatkan di sebuah ruangan kelas. Oleh karena itu, peluang untuk jatuh sakit akibat tertular kuman penyakit pun akan semakin tinggi.

Jika si kecil punya sejarah masalah kesehatan yang lebih rentan dibanding anak- anak biasanya, maka tundalah anak masuk sekolah hingga dirinya mencapai usia sekitar 3 tahun.

  1. Tingkat Independen

Jika si kecil mulai terbiasa terpisah dari bunda, maka ini adalah salah satu gejala kesiapan untuk anak masuk sekolah. Namun jika si kecil masih sering minta perhatian, bunda juga tetap boleh mencoba membawa dia ke sekolah baru untuk berkenalan dengan lingkungan barunya. Sangat wajar jika anak cenderung lebih malu di sebuah lingkungan baru, oleh karena itu bunda boleh meminta kelas trial atau percobaan sebelum memutuskan anak masuk sekolah secara langsung.

  1. Interaksi Sosial

Apakah si kecil seorang yang pemalu atau mudah bergaul? Memasuki sebuah pra-sekolah, si kecil akan banyak bergabung dan berinteraksi dengan anak- anak seusianya. Jika dirinya memang tergolong anak yang ceria dan senang bergaul, maka si kecil akan dapat beradaptasi di sekolah dengan gampang. Sebaliknya, jika si kecil agak pemalu, maka orang tua boleh mulai membuka kesempatan bergaul dan bersosialisasi dengan lebih intens.

  1. Jumlah Tidur Siang

Beberapa anak masih membutuhkan 2 kali tidur siang dalam sehari, yaitu 1x sebelum siang hari dan 1x di siang hari menjelang sore. Namun, jika anak sudah mulai terbiasa dengan 1 kali tidur siang yang panjang pada siang hari, maka tandanya tingkat energi dia sudah mulai tahan untuk kegiatan penuh di pagi hari. Orang tua disarankan untuk melatih anak untuk bisa terjaga lebih lama pada pagi hari dan mulai memberikan waktu tidur siang hanya pada siang menjelang sore hari.

  1. Ketrampilan Komunikasi

Apakah si kecil sering berusaha untuk memulai komunikasi dengan orang tua maupun dengan anggota keluarga lainnya? Si kecil akan butuh berinteraksi dengan guru saat masuk sekolah. Oleh karena itu, si kecil juga harus sudah mulai belajar cara menyampaikan sesuatu kepada orang dewasa di sekolah saat dibutuhkan.

Itulah beberapa tanda- tanda umum anak mulai siap untuk masuk sekolah. Bunda juga boleh mengecek dan melatih kesiapannya dalam melepas popok, daya fokusnya yang mulai membaik, serta reaksinya dalam menjalani rutinitas sehari- hari. Selain itu, berikan juga motivasi secukupnya supaya si kecil siap untuk masuk sekolah.

Posted on 08/16/2017 Home, Toddler, Toddler Development 0 284

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next