Blog

Tips Menurunkan Berat Badan Selama Menyusui

Tips Menurunkan Berat Badan Selama Menyusui

Pasca melahirkan, banyak ibu-ibu yang mengeluh tentang kenaikan berat badannya. Tak heran jika banyak ibu memulai program dietnya untuk mengembalikan berat badan ideal. Sebagai seorang ibu baru, menyusui pun menjadi proses yang berpengaruh pada berat badan bunda. Pasalnya, produksi hormon yang meningkat membuat para ibu membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup untuk ditransfer ke buah hatinya. Menyusui pun menjadi tahap yang paling krusial karena berpengaruh bagi tumbuh kembang bayi.’


Bagi para ibu yang sedang kebingungan, yuk moms, cek tips-tips sederhana bagaimana menurunkan berat badan selama masa menyusui:


1. Olahraga Teratur

Tak perlu melakukan olahraga ekstrem yang sekiranya akan menguras banyak tenaga Anda. Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur, Anda tentu dapat menjaga berat badan dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Namun jika sekiranya Anda ingin memulai rutinitas olahraga yang serius, sangat disarankan untuk menunggu setidaknya 6-8 minggu sebelum merencanakan olahraga berat. Ada baiknya, Anda bisa makan makanan berkarbohidrat seperti kentang agar tidak mengurangi penurunan produksi susu.

 

2. Kurangi Konsumsi Kalori Berlebihan

Saat sedang menyusui, sangat aman untuk melakukan diet dengan memperhatikan jumlah asupan kalori Anda lebih dari 1.800 per hari. Pastikan kalori Anda tidak turun dari angka tersebut karena ketika menyusui, Anda tetap perlu menjaga asupan gizi dan nutrisi.  Sangat disarankan agar Anda tetap mengonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan gizi dan serta.

 

3. Kurangi Nyemil-Nyemil Tidak Sehat

Jika perut Anda terasa lapar namun tak ingin makan besar rasanya ngemil menjadi alternatif yang tepat untuk mengisi perut Anda. Alih-alih mengambil sebungkus keripik kentang pun tak dapat dihindari. Namun jika Anda berusaha untuk menurunkan berat badan, cemilan yang sehat pun dapat menjadi alternatif memenuhi hasrat Anda untuk menyemil.

 

Anda bisa memulai dengan  membuat snack sehat seperti oatmeal. Bagi Anda yang berusaha menurunkan berat badan, Oatmeal menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan camilan-camilan tidak sehat seperti keripik kentang. Mengonsumsi kentang ataupun ubi sebagai camilan juga dapat membuat perut Anda cepat kenyang karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

 

4. Kurangi Porsi Namun Perbanyak Makan

Menunggu jeda makan yang terlalu lama membuat ibu menjadi kelaparan. Hal tersebut tentu dapat berdampak pada efek hormonal yang mempengaruhi pasokan susu si bunda. Tubuh yang kekurangan asupan makan akan sering menarik energi dari cadangan dan menurunkan produksi insulin serta mempengaruhi kadar hormon tiroid. Hal tersebut tentu akan berdampak pada jumlah Asi yang harus diproduksi karena hormon tersebut mengontrol seberapa banyak jumlah Asi yang akan dihasilkan tubuh. Ada baiknya jika Anda memulai menjaga kalori makan Anda dengan melakukan 6 porsi makanan kecil sepanjang hari.

Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID