Blog

Sudahkah Anda Mengenal Tentang Volcano Effect Pada Anak?

Sudahkah Anda Mengenal Tentang Volcano Effect Pada Anak?

Pernahkah anak Anda rewel seketika? Nah moms, ini yang disebut dengan Volcano Effects. Volcano Effects merupakan  proses biologis dimana si kecil akan mengalami tekanan tidur homeostatik akibat siklus tidur yang kurang berkualitas sehingga menyebabkan kerewelan.  Siklus tidur bayi yang kurang maksimal menyebabkan tekanan pada si kecil sehingga mereka cenderung rewel dan menyebabkan mereka kekurangan konsentrasi untuk belajar dan menyimpan informasi baru.


Umumnya, bayi yang baru lahir memiliki rentang waktu Volcano Effects yang lebih singkat . Mereka akan cepat rewel dan lelah dalam jangka waktu satu hingga tiga jam. Inilah sebabnya bayi baru lahir cenderung memakan jam siangnya untuk tidur dan bisa memerlukan waktu sebanyak 2 hingga 4 kali tidur siang setiap harinya. Dengan tidur siang, tekanan pada bayi akan berkurang.



Seiring berjalannya waktu, siklus tidur bayi akan terbentuk sedikit demi sedikit sehingga intensitas tidur bayi akan semakin berkurang.  Bayi yang mulai menginjak umur 4 atau 5 tahun akan mulai lebih banyak melakukan kegiatan, pola tidur yang semakin matang membuat si bayi memiliki emosi yang lebih stabil dan membuatnya tidak rewel.


The Volcano Effect bukanlah sesuatu yang hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Proses biologis ini juga dapat mempengaruhi orang dewasa juga. Memahami hal ini tentu dapat membantu Anda menginterpretasikan apa penyebab si kecil menjadi rewel. Apakah karena kualitas tidur yang kurang maksimal? Bisa jadi itu moms!


Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID