Blog

7 Manfaat Kesehatan Dari Bersepeda Untuk Anak

7 Manfaat Kesehatan Dari Bersepeda Untuk Anak

Di zaman serba gadget ini, sudah menjadi tugas orangtua untuk mencari keseimbangan dalam aktivitas anak. Untuk mengimbangi dunia video game, menonton televisi atau bermain gadget, penting juga bagi anak-anak untuk aktif bergerak demi kesehatan tubuh. Salah satu aktivitas yang direkomendasikan adalah bersepeda. Olahraga ini bukan cuma menyehatkan, tetapi juga asyik dan seru loh. Yuk teliti lagi 7 manfaat kesehatan dari bersepeda untuk anak :


  1. Menggerakkan Otot Kardiovaskuler

Bersepeda adalah olahraga yang ideal untuk bagian otot besar pada kaki. Saat otot kaki bekerja, maka kinerja jantung juga meningkat. Otomatis, stamina tubuh juga turut meningkat, termasuk pada bagian otot kardiovaskuler. Aktivitas bersepeda pun akan turut membakar lemak sehingga berat badan anak tetap terjaga.


  1. Membentuk Otot

Bersepeda bukan cuma baik untuk bagian otot kaki, tetapi juga bisa memperkuat seluruh anggota tubuh. Bersepeda bisa memperkuat otot secara pelan tapi pasti. Sebagai olahraga jangka panjang, bersepeda adalah aktivitas yang efektif dalam mengencangkan otot kaki, perut dan juga bagian atas tubuh.


  1. Menjauhkan Stress

Rutinitas dan aktivitas sekolah yang padat bisa saja membuat anak menjadi rentan stress. Bersepeda bisa jadi solusi untuk membuang stress karena adalah aktivitas yang menyenangkan. Rasa cemas dan sumpek akan perlahan hilang seiring dengan kayuhan sepeda dan semilir angin di wajah!


  1. Baik Untuk Kesehatan Emosional

Bersepeda bisa meningkatkan kepercayaan diri anak-anak. Kepercayaan diri mereka juga bertambah karena punya kemampuan untuk bergerak secara independen. Anak-anak akan bisa semakin sadar akan kinerja motorik tubuh, mengenal kondisi sekeliling, dan menjadi lebih nyaman dengan lingkungan sekitar.


Ini akan memberikan perasaan bebas yang baik dan jauh dari rasa tidak berdaya karena terus statis. Jika dilakukan bersama keluarga, bersepeda bisa jadi acara keluarga yang penuh keceriaan yang baik untuk pertumbuhan emosional anak.


  1. Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi

Bersepeda sering menjadi kenderaan favorit anak- anak, sehingga tidak heran jika anak bisa mendapatkan keuntungan keahlian bersosialisasi dalam komunitas bersepeda. Ini bisa jadi ajang untuk memperluas pergaulan, membentuk persahabatan dan berteman dengan sekelompok anak sebaya yang punya hobi bersepeda yang sama.


  1. Menjaga Anak Tetap Aktif

Ingin menurunkan berat badan anak dan membuat anak tetap aktif? Coba saja bersepeda yang tidak banyak menuntut persiapan atau fisik yang berat. Bersepeda yang harus dilakukan di ruangan terbuka menjadi peluang bagi mereka untuk terus aktif bergerak, menghirup udara segar dan semakin sehat dari waktu ke waktu.


  1. Solusi Kesehatan Ideal

Termasuk olahraga yang seimbang, nikmati juga manfaat kesehatan seperti :

  • Mendapat sumber vitamin D alami yaitu dari sinar matahari

  • Mengurangi ketergantungan pada gadget

  • Melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh

  • Menjadi lebih sadar dan peka terhadap kondisi sekitar rumah

  • Anak akan menjadi lebih aktif di sekolah


Jadi moms, dorong anak untuk giat bersepeda dan lengkapi juga kebutuhan keselamatan standar seperti kondisi sepeda yang prima, helm dan pelindung lutut jika diperlukan. Jangan lupa pula bekali dengan pengetahuan umum tentang tata cara menggunakan jalan, bersepeda di tempat yang aman dan tahu rute untuk kembali dengan selamat.  

Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID