7 Hal Wajib Diketahui Tentang Vaginal Birth After Cesarean ( VBAC)

7 Hal Wajib Diketahui Tentang Vaginal Birth After Cesarean ( VBAC)

Istilah melahirkan secara normal atau caesar mungkin sudah akrab di telinga kita semua. Namun kini, ada istilah melahirkan VBAC atau Vaginal Birth After Cesarean yang juga mulai sering terdengar. Ingin tahu lebih banyak terutama info- info penting seputar VBAC? Yuk simak dulu poin penting tentang VBAC.

Apa itu VBAC?

Setiap wanita diyakini bisa memiliki kemampuan untuk melahirkan secara normal - walaupun jika sebelumnya wanita tersebut sudah pernah melahirkan secara C-section atau operasi caesar.

Inilah yang disebut dengan VBAC, yaitu melahirkan secara normal setelah sebelumnya pernah melakukan kelahiran secara operasi caesar. Statistik menunjukkan bahwa sebanyak 75% wanita juga sukses bisa menjalankan VBAC sehingga mulai banyak praktisi kesehatan dan kelahiran yang menganjurkan agar wanita mulai mempertimbangkan VBAC untuk kelahiran selanjutnya.

7 Hal Wajib Diketahui Tentang VBAC

  1. Pilihan Pribadi

Setelah melahirkan secara c-section, banyak wanita yang akan menerima pendapat dari sekeliling orang tentang keputusan melahirkan selanjutnya.

Hal terpenting untuk diketahui tentang VBAC adalah ibu harus mencari praktisi kesehatan yang paham tentang teknik VBAC dan suportif terhadap keputusan menjalankan VBAC, dan tidak hanya mendengarkan pendapat

  1. Persiapan Matang

Dalam persiapan menjalankan VBAC, ibu perlu mencari tahu informasi sebanyak mungkin seputar melahirkan secara VBAC - termasuk mencari rumah sakit dan dokter yang bersedia menjalankan prosedur kelahiran VBAC.

  1. Resiko Dibandingkan C-Section Berulang

Riset menunjukkan kalau kelahiran secara normal atau vaginal jauh lebih aman dan tidak memiliki resiko setinggi operasi caesar. Seperti diketahui, operasi c-section adalah operasi abdominal yang cukup invasif dengan tingkat kematian hingga 3.6 kali lebih besar dibandingkan dengan kelahiran normal.

Oleh karena itu, jika membandingkan resiko antara VBAC dengan kelahiran C-section yang berulang, maka VBAC tidak jauh lebih berbahaya atau beresiko.

  1. Lebih Baik Untuk Bayi

VBAC juga memiliki manfaat yang baik untuk bayi dalam kandungan, dimana kelahiran normal akan memberikan kesempatan untuk bayi berkembang dengan jauh lebih sempurna - terutama untuk organ paru- paru dan otak.

Kelahiran normal juga akan memberikan bayi bakteria baik sekaligus antibodi yang hanya bisa didapatkan dari kelahiran melalui kanal vagina.

  1. Rahim Tidak Selalu Bermasalah

Resiko terbesar VBAC yang paling dikhawatirkan adalah kemungkinan pecahnya rahim di sepanjang dinding bekas luka operasi caesar. Namun pecahnya rahim di VBAC tergolong langka dan hanya terjadi diantara 0.2% kelahiran VBAC.

  1. Masa Penyembuhan Yang Berbeda

Masa Penyembuhan VBAC juga diyakini akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan masa penyembuhan semasa operasi caesar. Sama halnya dengan kelahiran normal, banyak kasus VBAC yang melaporkan masa penyembuhan yang relatif cepat dan mudah karena wanita bisa lebih langsung beraktivitas ringan segera setelah VBAC.

  1. Bukan Hal Mustahil

Secara emosional maupun fisik, VBAC mungkin akan terasa lebih melelahkan bagi wanita. Tetapi VBAC bisa menjadi solusi yang baik untuk mereka yang sempat merasa kehilangan momen atau kesempatan melahirkan secara normal pada pertama kalinya. Oleh karena itu, ketahui bahwa VBAC bukan hal yang mustahil dan mommy harus yakin dengan keputusan Anda.

Ingin tahu lebih banyak tentang VBAC? Jangan lupa untuk terus mencari informasi seputar VBAC dan dukungan dari teman dan keluarga yang supportif.



Posted on 02/09/2018 Home 0 688

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next