6 Cara Mengajarkan Si Kecil Tidur Sendiri

6 Cara Mengajarkan Si Kecil Tidur Sendiri

Memberikan anak kemandirian sejak dini adalah salah satu strategi parenting yang sangat penting untuk diterapkan. Bukan saja anak harus diajarkan untuk potty training, makan sendiri, tetapi juga tidur sendiri.

Untuk anak tidur sendiri, perlu diketahui beberapa langkah yang berkaitan erat dengan kegiatan tidur itu sendiri. Tidak berbeda dengan orang dewasa, anak kecil juga punya benda- benda kesayangan yang dibutuhkan untuk tidur. Pada umumnya, benda kesayangan tersebut tak lain adalah kehadiran dari orang tua itu sendiri loh.

Nah, bagaimana caranya supaya anak bisa mendisasosiasikan kehadiran orang tua dengan kegiatan tidurnya? Apakah mungkin anak tidur sendiri tanpa dibantu orang tua? Bisa saja! Yuk, ikuti 6 cara mengajarkan si anak tidur sendiri:

  1. Dimulai Dari Orang Tua

Pasti banyak orang tua yang merasakan konflik saat mengajarkan anak tidur sendiri. Kecemasan atau rasa kehilangan momen spesial tidur bersama anak bisa saja menghalangi proses anak tidur sendiri.

Kuncinya adalah memulai pelatihan anak tidur sendiri ini secara perlahan. Misalnya, dimulai dari tidur siang atau juga membuat janji spesial untuk tidur bersama pada hari- hari tertentu saja. Ingat untuk menjaga komitmen dari orang tua supaya sukses bisa mengajarkan anak tidur sendiri.

  1. Jelaskan Perubahan Pada Si Kecil

Libatkan anak dalam proses ini dan berikan penjelasan supaya dirinya tidak merasa terkucilkan dan mau bekerjasama. Berikan dorongan dan motivasi seperti kualitas tidur yang lebih baik jika dirinya bisa tidur sendiri, sama halnya dengan ayah dan ibu yang juga akan memiliki kualitas tidur yang lebih pulas. Hasilnya, sekeluarga akan merasa lebih sehat dan segar setiap hari.

  1. Tetap Menjalankan Ritual Sebelum Tidur

Rutinitas adalah hal yang penting untuk setiap anak. Ritual sebelum tidur seperti membersihkan muka, menggosok gigi, berganti piyama, hingga membaca buku bersama wajib dilakukan untuk membantu transisi anak tidur sendiri yang sukses. Lakukan juga walaupun anak sudah mahir tidur sendiri.

  1. Dari Tempat Tidur Ke Kursi

Pada masa awal pengajaran anak tidur sendiri, gunakan sebuah kursi tempat duduk untuk orang tua. Hindari tidur bersama di tempat tidurnya karena justru akan semakin memberatkan si anak untuk berpisah dari orang tua. Terus berikan keyakinan pada si anak kalau semua akan baik- baik saja.

  1. Geser Kursi Setiap Malam

Anda harus memberi target kepada diri sendiri dan juga anak untuk menggeser kursi secara perlahan setiap malamnya - sampai akhirnya semua merasa nyaman dengan absennya kursi di kamar tidur.

Mulai geser kursi menjauh setiap malam hingga di depan kamar tidur. Duduk di depan kamar dan terus berikan keyakinan pada anak seperti “ Mama masih disini”, supaya anak tahu kalau ibu tetap berada di dekatnya walau tidak terlihat lagi.

  1. Berikan Jeda

Selain strategi kursi diatas, gunakan juga “jeda” seperti pergi ke dapur sesaat untuk mencuci botol, turun menutup lampu dan berbagai hal lainnya. Frekuensi jeda harus dipertimbangkan dengan baik, tidak terlalu lama dan tidak terlalu singkat. Pastikan si kecil kalau bunda pasti akan kembali setelah menyelesaikan tugas hingga akhirnya dia tidak lagi membutuhkan ditemani.

Walaupun proses anak tidur sendiri sangat sulit dan melelahkan, ketekunan dan kesabaran akan membuahkan hasil yang baik untuk kemandirian anak. Selamat mencoba mommy!

Posted on 02/07/2018 Home, Baby, Toddler, Baby Development, Toddler Development 0 117

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next