Blog

Tips Menyusui 2 Bayi Sekaligus (Tandem Nursing)

Tips Menyusui 2 Bayi Sekaligus (Tandem Nursing)

Meskipun menyusui dengan 2 bayi sekaligus atau yang biasa disebut tandem nursing memiliki banyak manfaat, hal ini tidak menutup kemungkinan sebagian Moms menyerah untuk mengikuti tandem nursing ini.


Tandem nursing ini mengharuskan para ibu untuk menyusui dua anak secara bersamaan di waktu yang bersamaan dan hal ini akan membuat para ibu akan merasa kelelahan. Apalagi jika salah satu dari si kecil tidak mau kalah atau bahkan tidak mau berbagi ketika sedang menyusui.


Agar melakukan tandem nursing ini berhasil, coba yuk untuk melakukan beberapa tips berikut:


Mengatur Pola Makan

Coba untuk mengkonsumsi makanan bergizi untuk mencukupi kebutuhan Moms dan juga untuk si kecil ya Moms. Moms bisa untuk mengkonsumsi daging, buah, serta sayuran hijau. Jangan lupa untuk meminum susu serta vitamin agar mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh Moms.



Fokuskan ASI untuk Adik

Saat ini, si adiklah yang begitu membutuhkan ASI guna membantu tumbuh kembang serta daya tahan tubuhnya. Oleh karena itu, Moms bisa fokuskan memberi ASI terlebih dahulu untuk si adik daripada si kakak ya Moms



Memberi pemahaman kepada si Kakak

Hingga si kecil berusia 3 tahu, ia lebih berfokus kepada dirinya sendiri dan tidak mau berbagi. Moms dapat mengatasi kondisi ini dengan memberitahukan kepada si kakak bahwa adiknya hanya bisa meminum ASI dan tidak bisa menkonsumsi makanan lainnya seperti si kakak.



Menentukan posisi menyusui yang nyaman

Moms dapat memilih posisi menyusui yang nyaman ketika Moms sudah merasa lelah. Moms dapat menyusui sambil tiduran atau menggunakan bantal menyusui untuk mencegah rasa pegal saat menyusui si kecil.



Selain dari tips diatas, penting untuk Moms tetap menjaga suasana hati serta kondisi fisik ya Moms. Karena menjaga suasana hati serta kondisi fisik ini dapat melancarkan produksi ASI untuk menyusui si kecil

 


Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID