Blog

Perhatikan Hal ini Jika Moms dan Si Kecil Terpaksa keluar Rumah saat COVID-19

Perhatikan Hal ini Jika Moms dan Si Kecil Terpaksa keluar Rumah saat COVID-19

Untuk sebagian orang, berada di rumah dan melakukan segala aktivitas yang biasa dilakukan di luar dipaksa dibawa masuk ke dalam rumah dalam waktu yang lama pasti menimbulkan rasa bosan. Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi si kecil.


Dirinya yang sudah terbiasa aktif bermain diluar bersama teman sebayanya, akhirnya diharuskan berdiam diri di rumah saja bisa membuat si kecil menjadi stress dan akhirnya terkadang menjadi rewel meminta untuk keluar dari rumah terus. Akhirnya Moms dan Dads menjadi serba salah atau bahkan bingung untuk membawa si kecil keluar dari rumah atau tidak.


Jika Moms berada dalam posisi ini, Moms tidak perlu bingung. Moms dapat mengajak si kecil keluar sebentar dengan mengajak beraktivitas di luar rumah asalkan Moms dapat mengikuti beberapa langkah yang dianjurkan oleh Harvard Medical School



Membawa Masker dan Hand Sanitizer

Sudah menjadi sebuah keharusan untuk membawa masker dan hand sanitizer ketika Moms maupun si kecil keluar dari rumah. Pakaikanlah si kecil masker yang pas dengan ukuran wajah si kecil dan sebisa mungkin untuk membawa tambahan masker untuk berjaga-jaga jika masker yang dipakai si kecil kotor atau basah. 


Moms dapat membersihkan tangan Moms ataupun si kecil dengan menggunakan hand sanitizer setelah memegang sesuatu diluar jika diarea Moms berada tidak memiliki tempat cuci tangan.



Memilih Tempat Tujuan

Tidak perlu membawa si kecil jauh dari rumah, Moms dapat mengajak si kecil berjalan-jalan di area komplek rumah atau area yang tidak terlalu ramai. Biarkan si kecil dapat menghirup udara segar di luar rumah sebentar untuk melepas kebosanan dan stress si kecil karena berada di dalam rumah dalam kurun waktu yang begitu lama.




Tetap Menerapkan Physical Distancing

Walaupun berada di dekat rumah, physical distancing tetap harus dilakukan. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan orang sekitar dan menjaga jarak aman minimal sekitar 2 meter dari orang lain. 


Jika tempat yang Moms dan si kecil ingin kunjungi terlalu ramai, sebaiknya batalkan untuk ke tempat tersebut dan cari tempat tujuan lain yang sedikit orang.




Mencuci Tangan Setelah Pulang

Ketika Moms dan si kecil telah selesai beraktivitas di luar rumah, segeralah untuk mencuci tangan sebelum menyentuh barang yang ada di dalam rumah ataupun anggota keluarga yang berada di dalam rumah. Agar lebih aman, Moms dapat mencuci tangan di halaman depan rumah.



Membersihkan Alas Kaki

Tidak hanya pada bagian tangan saja yang Moms harus bersihkan, akan tetapi jangan lupa untuk membersihkan bagian alas kaki Moms dan juga si kecil ya Moms. Karena tidak menutup kemungkinan alas kaki bisa menjadi media penyebaran virus Corona. Moms dapat mencuci alas kaki secara rutin dan kemudian menjemurnya di tengah terik matahari agar virus yang berada di alas kaki tersebut mati.



Meskipun tidak masalah jika Moms mengajak si kecil keluar rumah asalkan mematuhi protokol kebersihan yang ada, akan tetapi membatasi kegiatan di luar rumah tetap harus dilakukan ya Moms. Bawa si kecil keluar hanya saat ia terlihat mengalami stress dan rasa bosan yang tertahankan. 


Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID