Blog

Makanan pencetus alergi untuk si kecil

Makanan pencetus alergi untuk si kecil

Ketika si kecil sudah memasuki masa MPASI, memberikan MPASI menjadi sesuatu yang “tricky” karena bisa jadi makanan yang akan diberikan kepada si kecil menjadi pemicu alergi untuk si kecil. Timbulnya alergi pada si kecil tentu tidak bisa kita anggap sepele Moms karena jika kita tidak cepat menanganinya hal ini bisa membawa si kecil kepada kematian.


Lantas, apa saja tanda-tanda si kecil mengalami alergi pada makanan yang dikonsumsi? Tanda-tanda si kecil mengalami alergi pada makanan yang dikonsumsinya antara lain timbulnya gatal serta kemerahan pada kulit, bengkak pada bagian wajah, muntah dan diare, batuk, kesulitan untuk bernafas, atau bisa juga kehilangan kesadaran.


Pemicu alergi si kecil pada makanan tiap anak pun berbeda-beda. Akan tetapi, sebagian besar anak memiliki alergi pada makanan seperti kacang, telur, susu, hidangan laut, gandum, atau kedelai.


Agar si kecil tetap aman ketika mengkonsumsi MPASI dan tidak menimbulkan alergi untuk si kecil, ada baiknya untuk hindari makanan berikut ketika si kecil masih dibawah umur 1 tahun:


MADU

Madu nyatanya masuk ke dalam list makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlebih dahulu ketika si kecil masih berusia dibawah 1 tahun. Madu yang mengandung botulisme spora akan sulit dicerna oleh perut bayi karena kondisi perutnya yang masih belum cukup kuat


KACANG-KACANGAN

Meskipun memberikan makanan kacang menjadi hal yang menarik untuk si kecil, ada baiknya untuk tidak memberikan kacang kepada si kecil yang berusia dibawah 2 tahun apalagi jika riwayat keluarga memiliki alergi terhadap kacang-kacangan karena kemungkinan alergi tersebut menurun kepada si kecil.


SUSU SAPI

Susu sapi memiliki kandungan nutrisi esensial yang akan berbeda pengaruhnya jika dikonsumsi pada bayi. Susu sapi dapat menyebabkan defisiensi nutrisi sehingga ada baiknya untuk tunggu si kecil hingga ia menginjak usia setahun sebelum memberikan susu sapi ke si kecil. 



Memang kita belum mengetahui secara pasti alergi apa yang dimiliki oleh si kecil, sehingga ada baiknya Moms menunggu beberapa lama untuk memberikan jenis makanan baru untuk mengantisipasi adanya gejala alergi pada si kecil. Moms juga dapat memakai patokan riwayat alergi keluarga untuk berhati-hati memberikan kepada si kecil. 

Copyright © 2024 . All rights reserved by GIGEL.ID