8 Cara Mempersiapkan Dana Untuk Masa Depan Si Kecil

8 Cara Mempersiapkan Dana Untuk Masa Depan Si Kecil

Setiap harinya, orang tua pasti disibukkan dengan kegiatan merawat anak seperti menyusui, mengganti popok hingga membantu pekerjaan rumahnya. Seluruh aktivitas ini jangan sampai membuat orang tua melupakan persiapan dana anak untuk masa depannya. Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam persiapan finansial anak untuk masa depannya?

  1. Biasakan Menabung

Mulai dari hal yang paling sederhana untuk persiapan dana anak, yaitu menabung. Biasakan untuk memupuk tabiat menabung untuk persiapan finansial anak di masa depan, terutama untuk kebutuhan edukasinya. Walaupun kecil jumlahnya, kebiasaan menabung adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menyisihkan uang untuk persiapan finansial anak.

  1. Pertimbangkan Asuransi Untuk Si Kecil

Manfaat asuransi untuk si kecil bisa cukup bervariasi, baik dalam bentuk investasi maupun proteksi kesehatan & jiwa. Biaya asuransi untuk anak kecil juga umumnya akan lebih murah dibandingkan jika dibeli pada saat dia tumbuh dewasa nantinya. Dengan asumsi nilai asuransi terus bertambah, maka persiapan dana anak dapat direncanakan sejak awal untuk kebutuhan jangka panjangnya.

  1. Pertimbangan Asuransi Jiwa Untuk Orang Tua

Selain asuransi untuk si kecil, orang tua juga boleh  mempertimbangkan membeli asuransi jiwa atas nama mereka. Asuransi jiwa memberikan jaminan finansial sekaligus persiapan dana anak yang dibutuhkan keluarga jika sesuatu hal menimpa orang tua.

  1. Menulis Surat Wasiat

Orang tua juga boleh mempersiapkan diri dengan menulis surat wasiat demi memastikan aset- aset akan jatuh pada pihak yang semestinya, misalnya untuk persiapan dana anak di masa depannya. Jadi tidak ada lagi kendala dalam membagi harta baik dalam bentuk kecil maupun besar.

  1. Mengajak Partisipasi Keluarga

Bunda boleh memberikan ide kepada keluarga yang ingin menghadiahkan si kecil pada momen- momen spesial seperti ulang tahun atau kenaikan kelas. Ajak kakek, nenek, tante atau kerabat lainnya untuk memberi hadiah berbentuk finansial sesuai kemampuan mereka demi persiapan finansial anak di masa depan.

  1. Ajari Si Kecil Tentang Nilai Uang

Sedini mungkin, ajari si kecil arti pentingnya uang. Jalin komunikasi terbuka dan nilai- nilai kerja keras dalam hidupnya. Diskusikan tentang uang jajan yang tepat, ekspektasi menabung hingga hal- hal yang bisa dilakukan si kecil untuk persiapan dana anak di masa depan.

  1. Kontrol Hutang

Membesarkan anak membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, orang tua sangat dianjurkan untuk menekan hutang baik sebelum, semasa ataupun sesudah memiliki anak. Awali perjalanan sebagai orang tua dengan hutang seminim mungkin sehingga persiapan dana anak untuk masa depannya semakin terjamin.

  1. Prioritaskan Orang Tua Juga

Walaupun orang tua selalu mendahulukan kepentingan anak, ayah dan bunda juga sangat disarankan untuk mempersiapkan dana untuk mereka sendiri. Dengan dana pensiun yang baik, maka anak juga tidak akan terbebani dalam segi finansial mereka.

Apa saja persiapan dana anak yang sudah bunda terapkan? Selamat menabung dan semoga informasi di atas berguna!

Posted on 01/02/2018 Home, Baby, Toddler, Safety 0 59

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next