Sudah tahu "Weaning With Love" ?

Sudah tahu "Weaning With Love" ?

Sudah tahu  “Weaning with love” alias WWL? Weaning with love ( WWL) atau Menyapih Dengan Cinta adalah metode melepaskan anak dari ketergantungan ASI dengan lembut dan penuh cinta ( gentle weaning).

Pada metode Weaning with love ( WWL), prinsipnya adalah Ibu harus memprioritaskan perasaan si kecil dalam melepaskan ketergantungan ASI-nya. Seperti yang dikemukakan  oleh laman One Step at A Time , ada beberapa contoh utama dari metode Weaning With Love ( WWL) yang harus diperhatikan :

  1. Menyapih tanpa mengabaikan anak. Ibu harus tetap meprioritaskan kebutuhan ASI si kecil dengan cara antisipasi atau memompa terlebih dahulu supaya suplai ASI tetap tersedia dan menghindari trauma pada anak.

  2. Tidak membuat anak anti dengan puting ibu, misalnya dengan cara mengoleskan bau atau rasa yang tidak enak ke payudara. Praktek ini tidak dianjurkan karena bisa menghancurkan kepercayaan anak dan jarang membuahkan hasil.

  3. Tetap perduli pada permintaan anak. Teknik Weaning with love ( WWL) tidak menyarankan ibu yang membiarkan si kecil menangis meminta ASI. Sebaliknya Ibu harus kreatif dalam menyapih dengan cinta.

Untuk tips Weaning with love ( WWL) yang sukses, coba beberapa langkah jitu di bawah ini :

  1. Tidak Menawari, Tidak Menolak

Mengikuti ritme anak, ibu disarankan untuk tidak menawarinya ASI tetapi juga tidak menolak saat dibutuhkan. Walaupun metode Weaning With Love ( WWL) lebih kurang efektif dan lambat dibandingkan metode menyapih lainnya, namun hubungan antara ibu dan anak tetap terjaga hingga nantinya si anak berhenti total menyusui.

  1. Kreatif Menjawab Tuntutan Anak

Selain memberikan pengganti ASI seperti sufor atau MPASI lain, ibu juga boleh berpikir kreatif terutama jika si kecil belum benar- benar lapar. Alihkan perhatian si kecil seperti mengajaknya bermain, bernyanyi atau memberikan cemilan kecil yang sehat.

  1. Mengurangi Frekuensi Menyusui

Perlahan tapi pasti, kurangi frekuensi  menyusui untuk menyapih dengan teknik Weaning with love ( WWL). Selain itu, durasi menyusui juga harus dipercepat dan ganti porsi asupan anak dengan makanan lainnya.

  1. Mengurangi Kemungkinan ASI

Cara Weaning with love ( WWL) yang boleh dicoba adalah dengan mengurangi kemungkinan memberi ASI, seperti mengubah jadwal sehari- hari, mengajak berpergian, atau menghindari mengajak anak bermain di spot tempat menyusui.

  1. Melibatkan Tim Sukses

Supaya metode menyapih Weaning With Love ( WWL) semakin cepat membuahkan hasil, ajak Ayah atau anggota keluarga lain untuk turut berpartisipasi. Caranya bisa dengan mengajaknya makan bersama, mengajak bermain atau membantu mengalihkan perhatian si kecil dari ketergantungan ASI.

  1. Menyapih Pada Malam Hari

Malam hari sering menjadi masa yang paling sulit untuk menyapih si kecil, terutama menjelang tidur. Bunda harus ekstra berusaha untuk menerapkan Weaning With Love ( WWL) dengan cara menemani tidur sambil bercerita atau bernyanyi. Selain itu, pastikan si kecil juga sudah minum porsi susu malamnya sehingga dirinya tidak merasa kelaparan.

Sudah siap untuk mencoba metode Weaning With Love ( WWL)? Yang pasti, bunda harus ingat kalau teknik ini didasarai oleh LOVE, alias kasih sayang, perhatian dan kesabaran ekstra demi hasil menyapih dengan cinta yang paling sukses.

Posted on 12/31/2017 Home, Baby, Baby Development, Foods/MPASI 0 62

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next