Mengenal Sindrom Baby Blues Pada Ayah

Mengenal Sindrom Baby Blues Pada Ayah

Mungkin kita sudah sering mendengar istilah baby blues atau post partum depression yang melanda wanita terutama ibu yang baru melahirkan. Tetapi kalau istilah baby blues ayah, mungkin lebih jarang atau hampir tidak pernah terdengar.

PPND adalah Paternal Postnatal Depression atau singkatnya baby blues ayah atau baby blues pria. Ini adalah perasaan atau emosi negatif/depresi yang menimpa ayah baru akibat kedatangan si buah hati di keluarga.

Baby blues pria adalah hal yang sangat nyata dimana sebuah studi oleh Pediatrics mengemukakan bahwa depresi atau baby blues pria meningkat hingga 68% di 5 tahun pertama dari hidup si bayi. Padahal, momen- momen tersebut adalah saat yang paling penting untuk menjalin hubungan antara si ayah dengan anak.

Penyebab Baby Blues Ayah

Baby blues ayah sama halnya dengan baby blues pada ibu, yaitu disebabkan oleh perubahan hormon.

Pria juga akan mengalami fluktuasi hormon semasa kehamilan dan setelah kelahiran, tepatnya penurunan hormon testosterone dan naiknya hormon estrogen. Perubahan hormon ini akan punya efek biologis yang berkaitan dengan depresi saat kelahiran bayi.

Pengaruh kurang tidur juga akan mempeparah kondisi perubahan hormon pada pria tersebut. Pada kebanyakan pria, sindrom baby blues ayah akan memuncak pada 3-6 bulan pertama sejak kelaihran.

Selain kombinasi antara hormon dan kurangnya tidur, baby blues ayah juga bisa dipicu oleh histori kesehatan pria, masalah keuangan, stress, hingga hubungan yang kurang mulus antara ayah dan ibu.

Oleh karena itu, ibu juga harus prihatin terhadap kondisi Ayah dan berusaha untuk mengatasi kehadiran si buah hati dengan penuh pengertian.

Kenali Gejala Baby Blues Ayah

Pada baby blues pria, umumnya perasaan pria akan berangsur normal setelah 2-3 minggu jika telah beristirahat penuh atau bersosialisasi dengan teman- temannya.

Tetapi jika baby blues ayah mengarah ke depresi yang lebih berat, maka umumnya akan berlangsung lebih lama dan menunjukkan gejala seperti :

  • Menarik diri dari lingkungan sosial.

  • Tidak bersemangat dan tidak termotivasi

  • Kehilangan berat badan dan selera makan.

  • Mengalami susah tidur.

  • Kecenderungan untuk menggunakan alkohol atau substansi lain

  • Kecenderungan untuk emosi dan berprilaku kasar.

Mendorong Untuk Solusi Baby Blues Ayah

Pada dasarnya, dibutuhkan perhatian dari istri dan orang lain di sekitar ayah untuk membantunya keluar dari baby blues ayah yang berlarut.

Terapi berbicara termasuk salah satu cara yang efektif untuk mengatasi depresi dan bisa juga dikombinasi dengan bantuan obat- obatan. Baik pengobatan tradisional ataupun profesional, dorong agar ayah mau mencoba membuka diri demi mencegah efek jangka panjang yang negatif terhadap dirinya ataupun keluarga.

Posted on 12/30/2017 Home, Baby, Labor & Delivery 0 21

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next