5 Macam Superfoods Untuk Ibu Hamil

5 Macam Superfoods Untuk Ibu Hamil

Momen kehamilan adalah saat yang paling penting bagi calon ibu untuk menyantap makanan yang bergizi. Bukan cuma untuk menjamin kehamilan yang sehat, namun makanan bergizi ini juga penting nantinya untuk asupan ASI yang cukup.

Hampir seluruh tahap kehamilan butuh perhatian khusus terutama untuk perihal menu makanan yang berimbang dan penuh nutrisi. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan makanan yang menyehatkan, termasuk superfood untuk ibu hamil.

Nah, apa saja superfood untuk ibu hamil itu? Berikut 5 macam superfoods untuk ibu hamil yang mudah untuk didapatkan dan dikonsumsi:

  1. Brokoli dan Sayuran Hijau

Brokoli dan sayur- sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam dan kale sangat kaya akan nutrisi yang penting untuk wanita hamil, termasuk folate, fiber, potassium, kalsium, zat besi dan vitamin C, K dan A. Berkat zat antioksidan yang tinggi, maka superfood untuk ibu hamil ini bisa mendukung sistem imun tubuh dan percernaan yang lancar. Fiber juga penting untuk mencegah sembelit yang mana adalah problem umum bagi wanita hamil.

  1. Daging Ayam dan Sapi Organik

Daging memang adalah sumber protein dan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Namun untuk superfood ibu hamil yang semakin bermanfaat, pilih daging sapi atau ayam yang diolah secara organik. Ayam adalah sumber protein, vitamin B, selenium, fosfor dan choline.

  1. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry atau beri hitam mengandung konsentrat tinggi phytochemical yang bisa meningkatkan imun tubuh, mencegah kanker, melindungi jantung serta mencegah alergi. Selain itu, buah beri juga lebih rendah kadar gula dibanding buah- buahan lain, jadi kadar insulin ibu hamil juga tetap bisa terkontrol. Beri juga sarat akan vitamin C, sehingga tubuh ibu hamil akan semakin mudah menyerap zat besi.

  1. Alpokat

Buah yang lezat ini mengandung hingga 20 nutrisi yang kaya akan manfaat, termasuk potassium, vitamin E, vitamin K, vitamin B, dan folate. Alpokat adalah salah satu dari segelintir makanan yang mengandung vitamin C dan E dalam kadar tinggi. Selain itu, alpokat juga adalah sumber zat lemak baik yang sangat berguna bagi tubuh manusia.

Kelebihan alpokat yang lain juga adalah pada kandungan fibernya. Fiber sendiri penting sekali untuk pencernaan, kesehatan jantung, kulit dan kadar gula yang terkontrol. Jadi, alpokat adalah superfood untuk ibu hamil dan sekaligus bayi yang sangat bermanfaat.

  1. Chia

Superfood untuk ibu hamil terakhir adalah Chia Seeds. Biji- bijian ini berwarna hitam seperti selasih dan tidak berasa. Chia yang sering dimakan dengan yogurt atau diminum bersama air ini sangat kaya akan protein, lemak baik, fiber, mineral, vitamin dan antioksidan. Chia Seeds juga dianggap lebih baik daripada flax seeds karena lebih tahan lama. Chia Seeds juga mengandung hingga 40% Omega 3 yang baik untuk perkembangan otak janin.

Sebagai ibu hamil, jangan lupa juga untuk rajin berkonsultasi tentang perkembangan berat badan anak dan asupan gizi yang direkomendasikan oleh dokter kandungan Anda. Selamat menjalani masa kehamilan yang sehat dan menyenangkan dengan 5 superfoods untuk ibu hamil ini!

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next