Kapan Waktu Yang Tepat Untuk MPASI?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk MPASI?

“Kapan bayi saya boleh mulai MPASI?”. Pertanyaan ini adalah salah satu yang paling umum di benak para bunda. MPASI atau Makanan Penunjang Air Susu Ibu adalah masa dimana si bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat sebagai tambahan dari ASI atau sufor pada si kecil.

Supaya bunda tidak bingung kapan dan cara mulai MPASI bayi dengan benar, yuk ikuti panduan mulai MPASI untuk si kecil berikut ini :

Waktu Terbaik Untuk Mulai MPASI

Para ahli kesehatan dan menyusui anak sepakat bahwa masa MPASI bayi terbaik adalah setelah melewati 6 ( enam) bulan usianya. The American Academy of Pediatrics, the World Health Organization, dan banyak organisasi kesehatan dunia lainnya juga merekomendasikan ASI ekslusif pada bayi untuk 6 ( enam) bulan pertama setelah lahir.

Riset juga membuktikan kalau usia sebelum 6 bulan, bayi cenderung memiliki kemungkinan terkena penyakit atau resiko kesehatan lain jika mulai MPASI terlalu dini.

Namun pada umumnya, bayi siap mulai MPASI jika sistem pencernaannya semakin matang dan disertai dengan beberapa tanda perkembangan siap MPASI bayi. Rata- rata, bayi yang berusia 6-8 bulan ini akan menunjukkan tanda perkembangan siap MPASI bayi yang cukup jelas.

Tanda- Tanda Bayi Siap Mulai MPASI

  • Bisa duduk tegak tanpa dibantu

  • Refleks dorong di bagian lidah bayi sudah hilang dan bayi sudah tidak lagi mendorong makanan keluar saat ditawari benda padat.

  • Bayi terlihat siap dan mau mengunyah

  • Bayi mulai mengambil makanan dengan ibu jari dan jari telunjuk, bukan dengan telapak tangan.

  • Bayi terlihat antusias saat orang dewasa di sekitarnya sedang menyantap sesuatu.

Penting untuk tidak langsung menyimpulkan tanda- tanda siap MPASI pada bayi yang diberi ASI ekslusif. Jika selera ASI bayi meningkat, ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti masa pertumbuhan gigi, kurang enak badan, atau perkembangan emosional lainnya - dan bukan karena dirinya siap untuk mulai MPASI.

Oleh karena itu, pastikan orang tua menilai kesiapan MPASI bayi secara total.

Cara Mulai MPASI Untuk Bayi

Tidak ada pedoman yang tepat untuk cara mulai MPASI bayi.

Ada beberapa metode yang digunakan, misalnya :

  • Tradisional, yaitu dengan menyuap bayi dengan sendok. ( Link to artikel perlengkapan bayi saat MPASI)

  • Baby Led Weaning , yaitu membiarkan bayi memilih dari makanan yang disajikan.

Terlepas dari metode yang sesuai dengan bunda, pastikan porsi dan asupan gizi MPASI bayi terpenuhi dengan tepat. Bayi yang sudah merasa kenyang biasanya :

  • Perlahan menghentikan kecepatan makan

  • Menolak saat ditawarkan makanan dan tidak mau membuka mulut/ menggelengkan kepala

  • Kehilangan minat pada makanan dan mulai bermain- main.

  • Terlihat relaks dan puas.

Kiat Sukses Mulai MPASI Bayi

  • Pilih waktu makan yang tepat, misalnya saat bayi baru bangun tidur, segar, dan siap makan ( tidak kenyang).

  • Mulai dari 1 kali MPASI bayi selama 1-2 bulan. Pada u sia 7-8 bulan, bayi boleh mulai MPASI sebanyak 2 kali dan sebanyak 3 kali pada usia 8-9 bulan.

  • Beri jenis makanan yang sama atau hampir sama dalam waktu 3- 5 hari pertama, sebelum mulai memberikan variasi lain. Ini penting untuk memeriksa apakah bayi ada alergi makanan.

  • Berikan asupan buah- buahan dan sayur- sayuran yang cocok untuk bayi.

  • Perhatikan tekstur makanan yaitu harus berbentuk cairan kental, hancur, disaring atau diblender.

  • Tetap beri bayi susu formula atau ASI hingga dirinya menginjak usia 12-18 bulan.

Mitos VS Fakta Kesiapan Mulai MPASI Bayi

#1 Mitos MPASI bayi : Berat badan bayi telah mencapai angka ideal.

Berat badan bayi bukanlah acuan yang tepat untuk mulai MPASI. Tetap gunakan patokan usia bayi dan tidak mengacu pada angka berat badan si kecil.

#M2 Mitos MPASI bayi : Bayi yang terlahir berat/ kecil boleh lebih awal mulai MPASI.

Ukuran badan bayi juga tidak menentukan persiapan mulai MPASI. Bayi yang “besar” tetap akan bisa menerima asupan ASI dan susu formula sesuai anjuran usia oleh dokter. Selain itu, tubuh ibu juga tetap bisa akan memproduksi ASI secara cukup terlepas dari ukuran badan bayi.

Sama halnya juga dengan bayi yang terlahir mungil juga tetap harus menerima asupan ASI sesuai anjuran organisasi kesehatan dan para dokter yaitu hingga usia 6 bulan.

#3 Mitos MPASI bayi : Karena ASI tidak mengandung zat besi, MPASI harus lebih awal diberikan.

Walaupun benar ASI mengandung zat besi yang rendah dibanding susu formula, tetapi kandungan zat besi ASI dapat diserap dengan baik oleh sistem tubuh bayi. Bahkan, zat besi pada susu formula lebih mudah hilang dibandingkan dengan ASI.

#4 Mitos MPASI bayi : Bayi yang sudah mulai MPASI akan tidur pulas sepanjang malam.

Belum ada riset yang membuktikan kalau makanan padat akan mempengaruhi porsi susu malam hari untuk si kecil. Banyak bayi yang masih akan butuh diberikan susu hingga 8 -12 bulan tergantung pada masing- masing bayi.

Sudahkah bayi Bunda mulai MPASI? Pastikan MPASI bayi berlangsung dengan penuh momen yang berkesan dan menyenangkan, buat si kecil dan juga Anda.

Posted on 12/01/2017 Home, Baby, Foods/MPASI 0 104

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next