Berkenalan Dengan Metode Glenn Doman

Berkenalan Dengan Metode Glenn Doman

Siapa Glenn Doman dan apa metode Glenn Doman yang sekarang sedang mencuat di dunia parenting bayi dan anak- anak?

Glenn Doman adalah seorang ahli terapis fisik dan pelopor di bidang perkembangan fungsi otak anak. Dia juga adalah pendiri dari The Institutes for the Achievement of Human Potential ( IAHP), sebuah organisasi non-profit yang menyediakan program belajar dan buku- buku yang didesain khusus untuk meningkatkan dan mempercepat perkembangan mental dan fisik dari anak- anak normal maupun terbelakang.

IAHP telah berdiri sejak tahun 1960-an dan menawarkan berbagai teknik untuk membantu perkembangan anak- anak, terutama untuk anak- anak yang memiliki masalah dengan fungsi otak. Namun, metode Glenn Doman juga banyak diklaim efektif untuk membantu perkembangan untuk anak- anak dengan fungsi otak normal.

Di  bawah pengawasan Glenn Doman, IAHP telah banyak meluncurkan banyak hasil penemuan dan buku- buku yang telah diterbitkan di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, kata “ metode Glenn Doman” pun akhirnya menjadi sebuah hal yang populer bagi orang tua selama berpuluh- puluh tahun lamanya hingga sekarang.

Apa Itu Metode Glenn Doman?

Metode Glenn Doman bertujuan untuk memberikan seluruh orang tua pengetahuan yang dibutuhkan demi mendidik anak- anak yang intelijen, mampu dan bahagia.

Melalui buku- buku dan hasil studi oleh IAHP, Doman percaya bahwa bayi bisa belajar banyak ketrampilan akademis dengan cara yang sama mudahnya dengan ketrampilan fisik seperti berjalan atau berbicara. Beberapa buku Doman juga mengajarkan bayi untuk membaca, berhitung, dan tumbuh aktif dengan luar biasa.

Uniknya, metode Glenn Doman percaya bahwa anak- anak tidak perlu  menunggu hingga usia tertentu untuk belajar membaca atau berhitung. Metode Glenn Doman juga menekankan bahwa seorang bayi bisa membaca jika orang tua mau meluangkan waktu hanya 90 detik setiap harinya. Caranya adalah dengan menunjukkan flash card dengan huruf berukuran besar dan pengulangan.

Program membaca metode Glenn Doman juga didukung dengan bahan- bahan yang dapat digunakan orang tua dalam membimbing anak mereka membaca dalam usia dini.

Dasar- Dasar Metode Glenn Doman

Pada prinsipnya, metode Glenn Doman menekankan pada beberapa poin penting dalam memaksimalkan potensi otak mereka, antara lain :

  1. Peran Orang Tua

Metode Glenn Doman memprioritaskan peran ibu dan ayah dalam memberikan inspirasi, cinta dan rasa percaya diri. Glenn Doman juga percaya bahwa orang tua yang bekerja bisa membantu perkembangan anak secara optimal hanya dengan meluangkan beberapa jam dalam setiap harinya.

  1. Pendekatan dan Sikap

Metode Glenn Doman dalam membaca atau berhitung juga menggunakan pendekatan yang menarik dan penuh permainan. Selain itu, orang tua dianjurkan untuk bersikap penuh cinta kasih, dengan terus memberikan pelukan, kecupan, dan cinta, serta tidak perlu kaku atau duduk tegak dalam proses belajar.

  1. Ukuran Font atau Bahan Pelajaran

Seluruh bahan metode Glenn Doman misalnya flash card telah didesain sedemikian rupa sesuai dengan usia bayi. Semakin kecil usia anak maka ukuran font yang digunakan juga akan semakin besar.

  1. Waktu Belajar Yang Tepat

Metode Glenn Doman menganjurkan agar proses belajar dibuat singkat dan dihentikan sebelum anak ingin berhenti. Bahkan, jika metode Glenn Doman diterapkan dengan tepat, maka anak tidak akan ingin berhenti belajar.

  1. Material Yang Menarik

Metode Glenn Doman ingin menstimulasi anak dengan materi belajar yang menarik dan update.

  1. Konsistensi

Metode Glenn Doman juga percaya pada konsistensi. Lebih baik orang tua mengajarkan sedikit kata tetapi konsisten, daripada banyak tetapi jarang. Anak- anak belajar melalui repetisi, oleh karena itu, material yang menarik dan update sangat penting sekali.

  1. Bebas Ujian

Metode Glenn Doman tidak menerapkan sistem ujian karena jika diterapkan dengan benar, anak- anak akan terus berkembang dan senantiasa mengingat dengan baik.

Penasaran dengan metode Glenn Doman? Cari tahu metode yang unik dan menarik ini dengan membaca buku- buku hasil karya Glenn Doman atau langsung mencari tahu di http://www.glenndomanindonesia.com/

Posted on 08/07/2017 Home, Baby, Toddler, Play & Toys, Toddler Development 0 85

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next