5 Alasan Membiarkan Si Kecil Bermain Pasir

5 Alasan Membiarkan Si Kecil Bermain Pasir

Apakah bunda tergolong ragu untuk membiarkan si kecil bermain pasir di gundukan tanah atau pasir di pantai? Atau bunda juga enggan memberikan mainan sandplay karena repot membersihkannya?

Banyak alasan mengapa orang tua harus lebih sering membiarkan aktivitas main pasir untuk anak. Sandplay memiliki banyak manfaat yang baik untuk perkembangan si kecil, baik secara fisik maupun mental.

Pastinya bunda harus tetap menjaga dan mengawasi si kecil saat bermain pasir baik di ruangan terbuka maupun di dalam rumah. Temani dirinya main pasir atau sandplay, dan temukan 5 manfaat main pasir untuk anak atau sandplay berikut ini :

  1. Mendapatkan peluang sensory play

Pasir adalah cara yang baik untuk mengekspos anak pada pengalaman sensory yang beraneka ragam. Beragam tekstur pasir baik pasir pantai ataupun pasir magnetic baik saat kering maupun basah akan menimbulkan respons fisik yang berbeda- beda saat dirasakan telapak kaki atau tangannya.

Untuk mengenal manfaat sensory play lebih jauh, klik artikel sebelumnya disini.

  1. Melatih kreativitas si kecil.

Pasti senang kan kalau si kecil tumbuh kreatif? Main pasir untuk anak atau sandplay berarti si kecil punya bahan atau adonan dasar yang relatif aman untuk dipermak menjadi bentuk- bentuk yang kreatif.

Bunda juga boleh menambahkan pernak- pernik lucu lainnya seperti perangkat bermain pasir untuk anak, ranting kayu hingga benda kecil lainnya untuk menambah daya imajinasinya.

  1. Mengembangkan ketrampilan bersosialisasi

Sebuah artikel studi di  EarlychildhoodNews.com mengemukakan bahwa

“ Anak- anak yang bermain pasir bersama akan belajar untuk berbagi, saling brkompromi dan bernegosiasi. Saat bermain pasir secara berkelompok, akan banyak muncul ide seperti memasak bersama, membangun konstruksi, menggali terowongan, atau menciptakan kebun binatang untuk hewan mainan. Anak- anak bisa mengambil peran masing- masing dan belajar ketrampilan sosialisasi seperti empati dan alih perspektif.”

Ini berarti sandplay adalah sarana bermain yang tepat untuk si kecil bersama kakak adiknya ataupun dengan teman- teman.

  1. Belajar sambil bermain

Anak- anak belajar saat bermain, termasuk pada saat sandplay. Kebebasan yang diberikan saat bermain pasir akan menciptakan kesempatan untuk belajar melalui pertanyaan- pertanyaan spontan dan penemuan- penemuan pribadi dirinya.

Pada artikel yang sama dengan poin 3 juga disebutkan bahwa orang tua dan guru sangat dianjurkan untuk mendorong sandplay untuk belajar problem solving, alih perspektif, dan kemampuan emosional yang lebih baik.

  1. Terapi Sandplay yang menenangkan

Terapi sandplay adalah salah satu bentuk terapi yang sangat populer. Beberapa terapis anak yang menangani anak- anak yang mengalami problem dengan sensory sangat menganjurkan sandplay untuk membantu anak dan orang tua mengatasi kendala fisik dan emosional tertentu.

Nah, dengan manfaat- manfaat main pasir untuk anak atau sandplay yang disebutkan di atas, tentunya bunda tidak perlu ragu lagi untuk mewujudkan kesempatan sandplay untuk anak sebanyak- banyaknya dan sesering mungkin.

Posted on 07/27/2017 Home, Toddler, Toddler Development 0 104

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next