Yuk, Makan Kurma dan Rasakan 5 Manfaat Ini!

Yuk, Makan Kurma dan Rasakan 5 Manfaat Ini!

Ada satu buah yang tidak bisa dilepaskan keberadaannya ketika memasuki bulan Ramadan. Bunda pun pasti sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan kurma. Buah kecil berasa legit ini seakan telah menjadi trademark makanan untuk berbuka di bulan puasa karena diyakini memiliki sejuta manfaat yang baik untuk orang yang berpuasa.

Mungkin banyak yang belum tahu, tetapi manfaat kesehatan kurma sangat banyak sekali. Bukan cuma saat berpuasa, dalam kehidupan sehari-hari pun kurma dapat dikategorikan sebagai super food karena manfaat kesehatan kurma yang beragam. Rasanya yang lezat pun membuat siapa pun sulit menolak buah yang satu ini.

Bagi Anda yang masih penasaran dengan segudang manfaat kesehatan kurma, berikut ini adalah beberapa contohnya. Tidak disangka-sangka bukan buah berukuran mini ini bisa memiliki banyak manfaat besar seperti di bawah ini.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Kerap dibudidayakan di gurun dan daerah kering membuat kurma menjadi kaya akan polifenol. Zat yang satu ini tidak ubahnya seperti antioksidan yang sangat berguna dalam membantu menjaga kesehatan seseorang.

Contoh paling konkretnya, banyaknya polifenol dapat menjadi antidepresan bagi seseorang sehingga menghindari orang tersebut dari risiko penyakit jantung maupun stroke. Jika selama ini banyak pihak menganggap polifenol paling banyak terdapat di tomat, nyatanya kurma memiliki angka polifenol yang lebih besar menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat. Luar biasa, bukan?

  1. Membuat Kulit Menjadi Mulus

Manfaat kesehatan kurma yang satu ini bakalan membuat bunda melonjak gembira. Soalnya, buah yang rasanya sangat manis ini dapat menjadi alternatif perawatan kulit. Tidak perlu membuatnya menjadi masker atau mengolahnya dengan cara yang sulit, makan kurma secara teratur bisa membantu wajah Anda bebas dari jerawat maupun komedo! Ini karena kurma mengandung asam salisilat yang memiliki efek membersihkan kulit. Tidak perlu ke klinik kecantikan lagi berkat si buah kurma.

  1. Mencegah Anemia

Khususnya ketika sedang berpuasa dan tetap menjalankan segala aktivitas harian secara biasa, kecenderungan seseorang mengalami anemia atau kurang darah akan semakin besar.

Tidak perlu khawatir akan hal ini sebab Anda bisa mencegahnya dengan menyantap 2—3 biji kurma tiap kali sehabis berbuka. Zat besi serta kalsium yang tinggi di dalam buah ini membuat pembentukan sel darah merah terus terjaga. Berkat manfaat kesehatan kurma, anemia pun bisa dicegah dan Anda tetap bisa aktif dengan segala tumpukan aktivitas harian Anda.

  1. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Selain karena bisa memberikan energi yang cukup tinggi dari rasa manisnya, kurma pun bisa memberikan Anda kemampuan untuk daya ingat yang lebih baik. Penyebabnya tentu saja karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini. Mengandung kalium yang tinggi, kurma mampu melancarkan distribusi oksigen ke otak sehingga daya ingat Anda pun akan lebih terasah. Tidak percaya? Yuk, segera buktikan!

  1. Membentuk Otot Tubuh

Salah jika Anda berpikir bahwa kurma hanya mengandung vitamin-vitamin dan nutrisi lain yang tidak berdampak ke bentuk tubuh. Asal Bunda tahu, buah ini ternyata termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Menakjubkan, bukan? Dengan demikian, kurma dapat menjadi salah satu makanan alternatif pengganti daging maupun telur. Jumlah protein yang tinggi di dalam kurma pun bisa membuat otot tubuh Anda lebih terbentuk. Bentuk tubuh pun akan menjadi lebih ideal.

Selain lima manfaat di atas, tentunya masih banyak khasiat kurma lainnya. Namun, semua akan percuma jika Anda belum mengonsumsi buah yang satu ini secara rutin. Yuk, selama puasa Ramadan ini, mulai kembali biasakan diri untuk menyantap kurma secara teratur.

Posted on 06/19/2017 Home, Pregnancy, Baby, Breastfeeding/ASI 0 303

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next