5 Tips agar Berpuasa Untuk Ibu Menyusui

5 Tips agar Berpuasa Untuk Ibu Menyusui

Memasuki bulan puasa, ibu-ibu yang baru melahirkan anaknya dan yang masih menyusui buah hatinya pasti mengalami dilema. Di satu sisi, ada keinginan untuk menunaikan ibadah puasa Ramadan yang hanya setahun sekali. Di sisi lain, ada ketakutan dan kekhawatiran produksi air susu ibu (ASI) akan menyusut drastis jika berpuasa. Jika ini terjadi, si kecil pun yang akan dirugikan.

Ketakutan dan kekhawatiran tersebut sebenarnya beralasan sebab ketika menjalankan puasa, sang ibu menyusui berarti tidak akan mendapat kalori sedikitpun  selama lebih dari 14 jam. Meskipun sulit, namun sebenarnya berpuasa untuk ibu menyusui itu mungkin dilakukan, kok. Tentunya berkonsultasi kepada dokter dapat menjadi langkah awal guna bisa aman menyusui sekaligus berpuasa.

Selain itu, bunda yang memang sedang berpuasa bisa melakukan berbagai tips puasa saat menyusui di bawah ini guna menunjang puasamu. Dengan berbagai tips puasa saat menyusui ini, puasa akan terasa lebih menenangkan karena tidak akan mengganggu produksi air susu yang mesti diberikan kepada si kecil.

  1. Konsumsi Air Putih Tidak Boleh Berkurang

Air putih sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kesegaran badan. Ketika menjalankan puasa, bukan berarti Anda harus mengurangi jumlah asupan cairan yang satu ini.

Tetaplah mengonsumsi air putih secara ideal, yakni berkisar 2-2,5 liter dalam sehari. Anda bisa meminumnya ketika sahur, buka puasa, dan waktu di sepanjang malam sebelum tidur. Dengan asupan cairan yang terjaga, mudah-mudahan air ASI Anda pun akan tetap lancar.

  1. Perbanyak Kalori ketika Sahur dan Berbuka

Hanya ada dua kesempatan makan ketika Anda berpuasa, yaitu saat sahur dan berbuka. Usahakan untuk menyantap makanan-makanan berkalori cukup tinggi ketika waktu ini tiba. Hal tersebut agar tenaga Anda selalu terjaga sehingga selalu siap memberikan ASI dan merawat si kecil. Seperti yang Bunda tahu, kalori itu sangat ampuh untuk membentuk tenaga guna kegiatan sehari-hari, kan.

  1. Asup Makanan-makanan Pelancar ASI

Tidak perlu khawatir puasa akan membuat produksi ASI Anda menjadi tidak lancar. Jika memang ada ketakutan demikian, Anda bisa kok memperlancarnya secara alami. Caranya pun tidak sulit, yakni dengan mengasup makanan-makanan pelancar di waktu sahur dan berbuka. Beberapa sayuran yang memang dipercaya sebagai sumber untuk produksi ASI yang maksimal—seperti bayam dan katuk—dapat menjadi menu Anda di meja makan setiap kali waktu sahur dan berbuka tiba. Jika tidak terlalu suka sayur, beragam jenis kacang-kacangan pun sedikit banyak bisa membantu produksi ASI Anda.

  1. Pompa ASI pada Malam Hari

Akibat tidak ada makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh selama siang hari—tepatnya ketika sedang berpuasa—sangat mungkin produksi ASI Anda berkurang di waktu tersebut. Namun, jangan panik terlebih dahulu. Menyusui tetap bisa dilakukan pada malam hari. Sediakan stok ASI Anda dengan cara memompanya pada malam hari. Malam menjadi waktu paling tepat untuk memompa karena pada saat itulah, asupan energi yang dibutuhkan tubuh telah terpenuhi setelah waktu berbuka tiba.

  1. Jangan Lupa Beristirahat

Tips puasa saat menyusui yang terakhir yang tidak boleh ibu menyusui sewaktu memilih tetap menjalankan puasa Ramadan adalah jangan lupa beristirahat. Aktivitas menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur, kegiatan sehari-hari, hingga kewajiban mengurus si kecil akan sangat melelahkan Anda, apalagi ditambah tidak masuknya kalori sedikit pun selama lebih dari 14 jam. Anda bisa mengurangi kelelahan tersebut dengan lebih banyak menyediakan waktu istirahat khusus di bulan penuh berkah ini.

Tidak sulit bukan menjalankan beragam tips puasa saat menyusui di atas? Semoga puasa Bunda tahun ini bisa maksimal dan ASI-nya pun terus lancar, ya!

Posted on 06/14/2017 Home, Baby, Breastfeeding/ASI 0 314

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next